kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui dan Efek Sampingnya


Senin, 23 Oktober 2023 / 09:34 WIB
9 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui dan Efek Sampingnya
ILUSTRASI. Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Buah srikaya adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Ternyata, ada sejumlah manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. 

Manfaat srikaya tak hanya di buahnya saja. Namun, daun, batang pohon, hingga biji srikaya juga diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Buah srikaya adalah jenis buah tropis. Di Indonesia, buah ini tersebar dan tumbuh subur di berbagai daerah.

Budidayanya pun sangat mudah dilakukan karena minim perawatan. Lantas, apa saja manfaat buah srikaya untuk kesehatan? 

Baca Juga: Buah Kaya Nutrisi yang Bisa Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Mudah Didapat & Murah

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat Buah Srikaya

Dikutip dari Medicineton dan Healthline, berikut sejumlah manfaat buah srikaya untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah srikaya juga bisa menjaga kesehatan pencernaan. Buah srikaya merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. 

Dengan mengkonsumsi serat secara rutin, maka tubuh akan terhindar dari berbagai jenis masalah pencernaan, salah satunya diare.

Selain itu, kandungan antioksidan dan karbohidrat kompleks pada manfaat srikaya, juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan kuman baik di usus.

Baca Juga: 6 Jus dan Smoothie Paling Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Meningkatkan imun

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan berikutnya adalah guna meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, buah srikaya mengandung antioksidan polifenol dan vitamin C yang cukup banyak.

Buah srikaya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka tubuh akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

3. Mencegah kanker

Dapat membantu mencegah kanker juga menjadi salah satu dari khasiat srikaya. Saat radikal bebas menumpuk, tubuh akan mudah mengalami kerusakan sel dan peradangan. 

Lama-kelamaan hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya kanker. Untuk mengurangi radikal bebas, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup.

Salah satu cara mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, termasuk buah srikaya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

4. Mencegah penyakit kardiovascular

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Manfaat srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskuler adalah mencegah hipertensi. Efek ini diduga karena kandungan kalium, magnesium, antioksidan, dan serat dalam buah srikaya.

5. Menjaga gula darah

Meski manis, namun ternyata manfaat buah srikaya bisa membantu menjaga gula darah. Buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik yang tergolong sedang. 

Artinya, manfaat srikaya bisa untuk mencegah peningkatan gula darah. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun srikaya juga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin.

Oleh karena itu buah srikaya tetap baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: Simak 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Waspada!

6. Obat kutu dan ketombe rambut

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji srikaya yang digunakan bersama dengan minyak kelapa bisa mengatasi kutu rambut dan ketombe.

Namun, penggunaannya harus hati-hati dan jangan sampai kena mata karena dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan mata. Jika terkena mata, ekstrak biji srikaya berpotensi menyebabkan keratitis.

7. Dapat membantu meningkatkan suasana hati 

Khasiat buah srikaya juga bisa membantu meningkatkan suasana hati. Pasalnya, buah srikaya adalah sumber vitamin B6 (piridoksin) yang sangat baik. 

Dalam buah srikaya sebesar 160 gram mengandung 24% dari kebutuhan harian vitamin B6 yang direkomendasikan. Vitamin B6 berperan penting dalam pembentukan neurotransmiter, termasuk serotonin dan dopamin, yang membantu mengatur suasana hati. 

Kadar vitamin ini yang tidak mencukupi dapat menyebabkan gangguan mood atau suasana hati. Selain itu, kadar vitamin B6 yang rendah dalam darah berhubungan dengan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. 

Baca Juga: Mencegah Tekanan Darah Tinggi, 6 Manfaat Srikaya yang Kaya Antioksidan

8. Membantu menjaga kesehatan mata 

Khasiat srikaya juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Pasalnya, srikaya kaya akan antioksidan karotenoid lutein, salah satu antioksidan utama di mata yang menjaga kesehatan penglihatan dengan melawan radikal bebas. 

Beberapa studi mengaitkan asupan lutein yang tinggi dengan kesehatan mata yang baik dan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD). 

Degenerasu makula terkait usia adalah kerusakan mata dan kehilangan penglihatan. Lutein juga dapat melindungi terhadap masalah mata lainnya, termasuk katarak. 

Katarak yaitu kekeruhan pada mata yang menyebabkan penglihatan buruk dan kehilangan penglihatan. 

Baca Juga: Simak 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Waspada!

9. Dapat mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat buah srikaya juga kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti potasium dan magnesium.

Dalam buah srikaya seberat 160 gram mengandung 10% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk potasium dan lebih dari 6% RDI untuk magnesium.

Kalium dan magnesium meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain berbagai manfaat srikaya di atas, manfaat buah srikaya yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen juga dipercaya dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri, serta menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Simak 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Waspada!

Efek samping dari buah srikaya 


Khasiat Buah Srikaya

Meskipun buah srikaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan, namun srikaya mengandung sejumlah kecil senyawa beracun, annonacin

Buah srikaya dan buah-buahan lain dalam spesies Annona mengandung annonacin, racun yang dapat mempengaruhi otak dan sistem saraf tubuh. 

Studi observasional di daerah tropis mengaitkan konsumsi buah Annona yang tinggi dengan peningkatan risiko jenis penyakit Parkinson tertentu yang tidak merespons pengobatan umum.

Perlu diketahui bahwa semua bagian buah srikaya kemungkinan mengandung annonacin, tetapi paling terkonsentrasi di biji dan kulitnya. 

Sehingga, untuk membatasi paparan annonacin, buang biji dan kulitnya sebelum dimakan.

Demikian informasi dan ulasan mengenai manfaat buah srikaya dan efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×