kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui


Kamis, 30 November 2023 / 14:41 WIB
Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Bawang merah


Penulis: Ryan Suherlan

10 Manfaat Bawang Merah  - Banyak manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat bawang merah juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Bawang merah, dengan aroma dan rasa yang khas, bukan hanya bahan penyedap masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Bawang merah telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad dan mengandung berbagai senyawa aktif yang memberikan kontribusi pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Yuk Catat!

Merangkum Healthier Steps, berikut manfaat bawang merah bagi kesehatan:

1. Antioksidan Kuat

Bawang merah mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan senyawa sulfur, yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada proses penuaan serta perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam bawang merah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bawang merah dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Senyawa allicin dalam bawang merah dikenal dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: 7 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Catat Ya!

4. Efek Antiinflamasi

Kandungan antiinflamasi dalam bawang merah dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami kondisi inflamasi, seperti arthritis atau penyakit inflamasi usus.

5. Menyokong Kesehatan Tulang

Bawang merah mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang esensial untuk kesehatan tulang. Konsumsi bawang merah dapat membantu mencegah risiko osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

6. Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Senyawa allicin dan chromium dalam bawang merah diketahui dapat mempengaruhi kadar gula darah, bermanfaat bagi penderita diabetes.

7. Pencegahan Kanker

Senyawa sulfur dalam bawang merah telah dikaitkan dengan efek antikanker. Bawang merah dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker lambung dan usus.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bawang merah memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan usus.

9. Anti Mikroba

Sifat anti mikroba bawang merah dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Ini dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit infeksi seperti flu dan pilek.

Baca Juga: 7 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

10. Pemulihan Luka Cepat

Senyawa allicin dalam bawang merah diketahui memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.

Meskipun bawang merah memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, penting untuk mencatat bahwa konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping, terutama masalah pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi bawang merah dengan seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Sebelum membuat perubahan signifikan dalam diet Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×