kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan yang Menarik Diketahui, Sudah Tahu?


Rabu, 06 Desember 2023 / 14:23 WIB
7 Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan yang Menarik Diketahui, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Anggur merah


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Anggur Merah - Ada berbagai manfaat anggur merah bagi kesehatan tubuh yang menarik diketahui dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, manfaat anggur merah juga teruji khasiatnya.

Anggur merah telah lama dikenal sebagai buah yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini tidak hanya menjadi favorit di meja makan, tetapi juga telah menjadi subjek penelitian yang menarik dalam ilmu kesehatan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Merangkum dari Real Simple, ini manfaat anggur merah bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Anggur merah mengandung sejumlah besar antioksidan, seperti resveratrol, quercetin, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit. Resveratrol, khususnya, dikaitkan dengan melindungi jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan resveratrol dalam anggur merah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, anggur merah juga dapat membantu menjaga tekanan darah normal.

3. Melindungi Sel-sel Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur merah dapat bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Resveratrol, dalam hal ini, diyakini dapat membantu melawan proses penuaan otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

4. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Anggur merah mengandung vitamin C dan A, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

5. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Resveratrol dalam anggur merah telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, polifenol dalam anggur merah juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

6. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam anggur merah membantu melawan penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Anggur merah juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

7. Mengandung Nutrisi Penting

Selain antioksidan, anggur merah mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin B, mangan, dan serat. Nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang, metabolisme, dan pencernaan.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi anggur merah sebaiknya dilakukan secara moderat. Meskipun mengandung banyak manfaat, anggur merah juga mengandung gula alami dan kalori. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani diet khusus.

Dengan memasukkan anggur merah ke dalam pola makan yang seimbang, Anda dapat menikmati tidak hanya kenikmatan rasa buah ini tetapi juga manfaat kesehatan yang beragam untuk tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×