kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,76   6,12   0.66%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi


Selasa, 05 Desember 2023 / 10:55 WIB
Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi
ILUSTRASI. Manfaat buah matoa untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah matoa bagi kesehatan tubuh yang tersembunyi dan jarang diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah matoa juga perlu diperhatikan.

Buah Matoa, yang memiliki nama ilmiah Pometia pinnata, adalah buah yang berasal dari keluarga Sapindaceae. Buah ini umumnya ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina. 

Meskipun belum sepopuler beberapa buah tropis lainnya, Matoa memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

Merangkum dari Health Benefits Times, ini manfaat buah matoa:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah Matoa mengandung senyawa antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan serta perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam Matoa membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan memperkuat sistem kekebalan.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Sumber Nutrisi yang Kaya

Matoa mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral. Buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam produksi kolagen untuk kulit dan jaringan ikat. Selain itu, Matoa juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, dan zat besi, yang semuanya diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal.

3. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam Matoa dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan kalium membantu mengatur tekanan darah. Keduanya bekerja bersama untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga fungsi jantung yang sehat.

Baca Juga: Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

4. Mendukung Fungsi Pencernaan

Serat dalam buah Matoa juga bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, memperbaiki pergerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, Matoa dapat berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

5. Menyediakan Energi

Buah Matoa mengandung karbohidrat kompleks yang menyediakan energi tahan lama. Ini membuat Matoa menjadi camilan yang baik, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif atau membutuhkan sumber energi tambahan.

Buah Matoa bukan hanya lezat tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang berharga. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan tubuh nutrisi yang penting. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, konsumsilah Matoa sebagai bagian dari pola makan yang seimbang untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×