kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Senin, 04 Desember 2023 / 14:15 WIB
7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Kacang kedelai.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang Kedelai - Banyak manfaat kacang kedelai bagi kesehatan tubuh yang menakjubkan dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kacang kedelai juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kacang kedelai bagi kesehatan.

Kacang kedelai atau yang dikenal juga sebagai kedelai adalah salah satu sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi penting. 

Selain menjadi bahan baku utama untuk produk-produk olahan seperti tahu dan tempe, kacang kedelai juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Arema FC, Ini Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 21

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat kacang kedelai bagi kesehatan:

1. Kaya Protein Tinggi dan Berkualitas

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Protein adalah nutrisi esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan, perbaikan sel-sel tubuh, dan fungsi tubuh lainnya. Protein dalam kacang kedelai juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kacang kedelai dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan asam lemak omega-3 dan serat tinggi dalam kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga menjaga kesehatan jantung.

3. Menyokong Kesehatan Tulang

Kacang kedelai mengandung mineral penting seperti kalsium dan magnesium, yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Kalsium mendukung kepadatan tulang, sementara magnesium membantu penyerapan kalsium dan memelihara struktur tulang.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Mengandung Antioksidan

Antioksidan dalam kacang kedelai, seperti flavonoid dan senyawa fitokimia lainnya, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker.

5. Menyokong Kesehatan Kulit

Kacang kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, yang memiliki efek positif pada kesehatan kulit. Isoflavon dapat membantu mengurangi kerutan, meningkatkan kelembapan kulit, dan memberikan nutrisi penting untuk kulit yang sehat.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

6. Mengelola Berat Badan

Kacang kedelai dapat menjadi bagian dari program penurunan berat badan karena tinggi serat dan proteinnya. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sementara protein membantu memelihara massa otot selama proses penurunan berat badan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

7. Mendukung Kesehatan Hormonal

Kacang kedelai mengandung fitoestrogen, yang memiliki struktur mirip estrogen manusia. Fitokimia ini dapat membantu mengelola gejala menopause pada wanita dan mendukung kesehatan hormonal secara keseluruhan.

Kacang kedelai bukan hanya lezat dan serbaguna dalam masakan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Dengan mengonsumsi kacang kedelai secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, tulang, kulit, dan hormon. 

Namun, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×