kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,54   6,90   0.74%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui


Sabtu, 02 Desember 2023 / 10:30 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Buah apel.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh juga telah teruji secara klinis.

Buah apel telah menjadi salah satu buah favorit di seluruh dunia, tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Dengan mengonsumsi apel secara teratur, Anda dapat memberikan dukungan yang kuat untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat buah apel bagi kesehatan:

1. Kaya Akan Nutrisi Essensial

Apel mengandung berbagai nutrisi essensial seperti vitamin C, serat, potassium, dan antioksidan. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan serat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan flavonoid dalam apel dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah, yang berkontribusi pada pengurangan risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Apel adalah camilan yang rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan yang baik untuk membantu mengontrol berat badan. Serat dalam apel dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Antioksidan dalam apel, terutama quercetin, dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan berpotensi mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam apel berperan penting dalam produksi kolagen, yang mendukung kesehatan kulit. Antioksidan dalam apel juga membantu melawan efek penuaan dan radikal bebas.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Regulasi Gula Darah

Serat dalam apel membantu mengatur penyerapan gula, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dapat bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki risiko diabetes tipe 2.

7. Menyegarkan Napas

Mengunyah apel dapat membantu membersihkan mulut dan gigi, mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut. Ini bukan hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga memberikan napas segar.

Baca Juga: 7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

8. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi apel dapat berhubungan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, dan paru-paru, karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

9. Mendukung Fungsi Pencernaan

Serat dalam apel membantu mempromosikan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

10. Sumber Energi Alami

Kandungan gula alami dalam apel memberikan energi yang stabil dan tahan lama, menjadikannya camilan yang ideal untuk meningkatkan stamina sepanjang hari.

Dengan semua manfaat kesehatan yang dimiliki, tidak mengherankan jika apel dianggap sebagai buah ajaib yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara alami. 

Oleh karena itu, tambahkan apel ke dalam pola makan sehat Anda dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan yang optimal. Ingatlah untuk selalu memilih buah apel organik dan mencucinya dengan baik sebelum dikonsumsi untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Selanjutnya: Peringati Hari Sungai Ciliwung 2023, GCB Dukung Waste to Energy

Menarik Dibaca: 5 Cara Membersihkan Tindik Piercing Ala Rumahan, Mudah Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×