kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Jumat, 01 Desember 2023 / 13:28 WIB
Kenali 6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Lobak


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Lobak - Ada sejumlah manfaat lobak bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi lobak juga perlu diperhatikan agar manfaat lobak bisa didapatkan secara maksimal.

Lobak, sebuah sayuran berakar yang seringkali terlupakan, sebenarnya merupakan tambahan yang sangat berharga untuk diet sehat Anda. 

Tersedia dalam berbagai varietas, termasuk lobak merah, putih, dan hitam, lobak kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Melansir dari WebMD, berikut manfaat lobak bagi kesehatan:

1. Kaya Akan Nutrisi Essensial

Lobak adalah sumber nutrisi yang kaya dan bervariasi. Mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B6, folat, kalsium, potassium, dan serat, lobak membantu memastikan tubuh Anda mendapatkan berbagai nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan fungsi normal organ-organ tubuh.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat dalam lobak membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Serat larut dan tidak larut dalam lobak membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, memastikan pergerakan usus yang teratur, dan mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS) atau divertikulitis.

3. Menyediakan Antioksidan

Lobak mengandung senyawa antioksidan, termasuk glucosinolates, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi lobak secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potassium dalam lobak berperan dalam menjaga tekanan darah yang sehat. Dengan mengonsumsi lobak secara teratur, Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, serat dan antioksidan dalam lobak juga berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Lobak memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti dapat membantu mengatur kadar gula darah. Konsumsi lobak dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba, sehingga membantu dalam manajemen diabetes atau mencegah risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A dalam lobak penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kornea mata, meningkatkan penglihatan pada kondisi cahaya rendah, dan melindungi mata dari infeksi. Dengan mengonsumsi lobak secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Lobak mungkin tidak mendapat sorotan sebanyak sayuran lainnya, tetapi manfaat kesehatan yang dapat diberikannya tidak dapat diabaikan. Menambahkan lobak ke dalam diet seimbang Anda dapat memberikan kontribusi positif pada kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, cobalah untuk menyertakan lobak dalam berbagai hidangan Anda untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya. Selamat menikmati kesehatan yang lebih baik dengan lobak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×