kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Jumat, 01 Desember 2023 / 11:14 WIB
Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Buah kurma


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Manfaat buah kurma juga tidak perlu diragukan karena telah terbukti khasiatnya.

Kurma, buah yang berasal dari pohon kurma Phoenix dactylifera, telah menjadi bagian integral dari diet di berbagai budaya selama berabad-abad. 

Selain rasanya yang manis dan lezat, kurma juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat buah kurma bagi kesehatan:

1. Sumber Energi Instan

Kurma mengandung tinggi karbohidrat dan gula alami, seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Kombinasi ini memberikan dorongan energi instan, menjadikan kurma sebagai camilan yang sempurna untuk mengatasi kelelahan atau meningkatkan stamina sebelum beraktivitas.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Serat untuk Pencernaan Sehat

Kurma kaya akan serat diet, yang mendukung kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, mempromosikan fungsi pencernaan yang optimal.

3. Sumber Nutrisi Penting

Meskipun kecil, kurma mengandung berbagai nutrisi esensial seperti vitamin (A, B, dan K) dan mineral (kalium, magnesium, fosfor). Nutrisi ini mendukung kesehatan tulang, sistem saraf, dan kekebalan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Antioksidan Perlindungan

Kurma mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Perlindungan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan kanker.

5. Manajemen Berat Badan

Meskipun tinggi kalori, kurma dapat membantu dalam manajemen berat badan. Kandungan serat dan gula alaminya dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan berkalori tinggi.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan kandungan potasium yang tinggi, kurma mendukung kesehatan jantung dengan membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

7. Regulasi Gula Darah

Meskipun memiliki kandungan gula alami, kurma memiliki indeks glikemik rendah dan dapat membantu mengontrol gula darah. Ini membuatnya menjadi alternatif camilan yang baik bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

8. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan kalium yang signifikan dalam kurma berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini penting untuk fungsi otot dan sistem saraf yang optimal.

9. Pemulihan Pasca-Latihan

Kandungan glukosa alami dalam kurma dapat membantu mempercepat pemulihan otot setelah latihan fisik. Ini membuatnya menjadi camilan yang baik bagi mereka yang aktif secara fisik.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam kurma, mengintegrasikannya ke dalam pola makan sehari-hari dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, sebaiknya konsumsi kurma tetap seimbang dan disertai dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk mendapatkan manfaat optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×