kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga


Jumat, 01 Desember 2023 / 13:12 WIB
Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Daun Bidara


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat daun bidara yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi daun bidara juga penting diketahui.

Daun bidara (Ziziphus mauritiana), juga dikenal sebagai bidara atau jujube, merupakan tanaman yang memiliki beragam manfaat kesehatan. 

Daun bidara telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Merangkum dari Stylecraze, berikut manfaat daun bidara bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Daun bidara mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit degeneratif.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun bidara dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan yang kuat, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

3. Menyokong Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun bidara dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Mengelola Diabetes

Daun bidara telah terbukti memiliki efek positif pada pengelolaan diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun bidara dapat membantu mengatur kadar gula darah, membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun bidara mengandung serat, yang dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mempromosikan kesehatan usus, dan mendukung penyerapan nutrisi yang baik.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Efek Penenang dan Anti-stres

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun bidara memiliki sifat penenang dan dapat membantu mengurangi stres. Ekstrak daun bidara dapat memengaruhi sistem saraf, memberikan efek relaksasi pada tubuh.

7. Mengandung Zat Antiinflamasi

Senyawa antiinflamasi dalam daun bidara dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat memberikan manfaat bagi mereka yang mengalami masalah inflamasi seperti arthritis.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

8. Menyokong Kesehatan Kulit

Daun bidara mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan lainnya yang dapat menyokong kesehatan kulit. Menerapkan ekstrak daun bidara pada kulit dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap sehat.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa daun bidara mungkin memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker. Senyawa antioksidan dalam daun bidara dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Tahu?

10. Mengatasi Masalah Insomnia

Khasiat penenang dari daun bidara juga dapat membantu mengatasi masalah insomnia atau gangguan tidur lainnya. Konsumsi daun bidara secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Penting untuk diingat bahwa sementara daun bidara dapat memberikan manfaat kesehatan, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×