kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?


Jumat, 01 Desember 2023 / 13:28 WIB
8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?
ILUSTRASI. Jus tomat


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jus Tomat - Banyak manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan bisa didapatkan jika rutin dikonsumsi. Selain itu, manfaat jus tomat juga tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji khasiatnya.

Jus tomat bukan hanya minuman yang menyegarkan, tetapi juga penuh dengan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Tomat sendiri mengandung berbagai zat aktif seperti likopen, vitamin C, dan antioksidan lainnya yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Merangkum dari Healthline, ini manfaat jus tomat bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Tomat mengandung likopen, suatu jenis antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat dan memiliki sifat melawan radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi, yang dapat meminimalkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Likopen dalam tomat telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Konsumsi jus tomat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

3. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam jus tomat membantu merangsang produksi kolagen, protein yang mendukung elastisitas kulit. Antioksidan yang terkandung dalam tomat juga dapat melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan penuaan dini.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Menjaga Kesehatan Mata

Tomat mengandung vitamin A, C, dan likopen, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat membantu melindungi mata dari penyakit mata degeneratif, seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus tomat rendah kalori dan mengandung serat, yang dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Ini dapat menjadi dukungan bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan dengan mengontrol nafsu makan dan memberikan nutrisi penting tanpa tambahan kalori yang berlebihan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan dalam jus tomat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jus tomat secara teratur, Anda dapat membantu melawan infeksi dan penyakit dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Tomat mengandung senyawa-senyawa yang membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, membantu menghilangkan racun dan zat berbahaya. Ini dapat membantu menjaga fungsi organ-organ vital, seperti hati dan ginjal.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

8. Menyediakan Elektrolit Alami

Jus tomat mengandung elektrolit alami, seperti kalium dan natrium, yang penting untuk keseimbangan cairan tubuh. Ini dapat membantu menjaga tekanan darah, mengatur detak jantung, dan mendukung fungsi otot.

Meskipun jus tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sebagai bagian dari pola makan seimbang. Konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau mempertimbangkan perubahan signifikan dalam pola makan Anda. Selamat menikmati jus tomat untuk kesehatan tubuh yang lebih baik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×