kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Jumat, 01 Desember 2023 / 11:15 WIB
7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Bengkuang


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bengkuang untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang perlu diketahui. Pasalnya, manfaat bengkuang juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Bengkuang, atau dikenal juga sebagai singkong air, merupakan buah yang memiliki kulit coklat dan daging putih yang renyah. 

Buah ini mungkin terlihat sederhana, namun di balik penampilannya yang biasa, terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat bengkuang untuk kesehatan:

1. Kaya Serat untuk Pencernaan yang Sehat

Bengkuang mengandung serat yang tinggi, yang memainkan peran penting dalam mendukung sistem pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatasi masalah sembelit, mengurangi risiko penyakit pencernaan, dan menjaga keseimbangan mikroflora dalam usus.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Menyediakan Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Bengkuang kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada penuaan dini serta risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan senyawa antioksidan dalam bengkuang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengatur kadar kolesterol, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Menyokong Penurunan Berat Badan

Bagi mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan, bengkuang dapat menjadi pilihan yang baik. Kandungan serat yang tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan, dan memberikan kontribusi positif pada manajemen berat badan.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam bengkuang membantu dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi bengkuang secara teratur dapat membantu mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Regulasi Gula Darah

Bengkuang memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti konsumsinya tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Ini membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik untuk orang-orang dengan diabetes atau mereka yang ingin mengatur kadar gula darah mereka.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

7. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam bengkuang bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin ini membantu menjaga kesehatan retina dan dapat membantu mencegah masalah penglihatan yang terkait dengan usia.

Bengkuang, dengan segala kelebihannya, bukan hanya buah yang lezat tetapi juga merupakan pilihan nutrisi yang cerdas untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Menambahkan bengkuang ke dalam pola makan seimbang Anda dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan pencernaan, jantung, kulit, dan aspek kesehatan lainnya. Oleh karena itu, jadikanlah buah bengkuang sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat Anda. Selamat menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah ajaib ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×