kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali, 11 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan dan Wajah yang Menakjubkan


Sabtu, 02 September 2023 / 06:11 WIB
Kenali, 11 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan dan Wajah yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat bengkuang untuk wajah diyakni dapat mencerahkan kulit.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Bengkuang  - Bengkuang adalah buah-buahan yang mudah ditemui di Indonesia. Ternyata, ada banyak manfaat bengkuang untuk kesehatan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat bengkuang untuk wajah diyakni dapat mencerahkan kulit. Sehingga, banyak produk kecantikan kulit yang menggunakan bengkuang sebagai salah satu bahannya. 

Selain itu, ternyata manfaat bengkuang untuk kesehatan juga bisa meringankan gejala menopause dan mengontrol gula darah. 

Lalu, apa saja manfaat bengkuang untuk kesehatan? 

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis

Manfaat bengkuang

Manfaat Bengkuang untuk Wajah

Nah, berikut ini 11 manfaat bengkuang sebagaimana dilansir dari Healthline

1. Meningkatkan kesehatan jantung 

Manfaat bengkuang adalah sumber nutrisi bagi tubuh. Dalam setiap 136 gram buah bengkuang, terdapat 37 gram karbohidratm 2 gram protein, 5 gram serat, dan segudang mineral dan protein.  

Selain itu, bengkuang juga kaya akan kandungan potasium dan mangan yang penting untuk mendukung kesehatan tulang, pertumbuhan tubuh, metabolisme, dan fungsi jantung. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

2. Dapat meningkatkan fungsi otak 

Ternyata, manfaat bengkuang juga terkait dengan kesehatan otak. Bengkuang mengandung senyawa unik yang disebut diosgenin, yang bermanfaat meningkatkan pertumbuhan neuron dan meningkatkan fungsi otak. 

Dalam satu studi yang dilakukan selama 12 minggu, orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkuang mendapat skor lebih tinggi pada tes fungsi otak dibandingkan dengan kelompok lainnya. 

3. Dapat meringankan gejala menopause 

Manfaat bengkuang yakni meringankan sakit nyeri saat datang bulan. Bengkuang dapat membantu meringankan beberapa gejala menopause. 

Dalam satu studi yang dilakukan selama 30 hari, 24 wanita pasca-menopause beralih dari makanan pokok nasi menjadi makan bengkuang 2-3 kali (total 390 gram) per hari.  

Tingkat estron dan estradiol dalam darah mereka meningkat masing-masing sebesar 26% dan 27%. 

Kadar estron dan estradiol dalam darah juga menurun selama menopause. Meningkatkan kadar estrogen dapat meringankan gejala menopause. 

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Memiliki sifat anti-kanker

Manfaat buah bengkuang juga bisa menjadi anti-kanker. Bengkuang menyediakan beberapa antioksidan yang mungkin memiliki sifat antikanker.  

Dalam sebuah penelitian pada hewan yang rutin mengonsumsi bengkuang secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor usus besar. 

Efek ini dikaitkan dengan antioksidan yang ada dalam manfaat bengkuang, menunjukkan bahwa umbi-umbian ini dapat melindungi tubuh dari kanker. 

5. Manfaat bengkuang untuk wajah

Manfaat bengkuang untuk wajah juga diyakini dapat mencerahkan kulit. Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan produksi melanin. 

Selain itu, kandungan antioksida pada bengkoang dapat mencegah infeksi kulit dan membuat kulit lebih segar. Khasiat bengkuang untuk wajah juga bisa mencegah penuaan dini dan melembapkan kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

6. Dapat meningkatkan kontrol gula darah 

Manfaat bengkuang selanjutnya adalah dapat mengatur kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi bubuk bengkuang atau ekstrak air bengkuang mengalami penurunan kadar gula darah.  

Studi lain menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak bengkuang dalam jumlah yang lebih tinggi menunjukkan nafsu makan yang berkurang, penurunan berat badan, dan kontrol gula darah yang lebih baik, dibandingkan dengan kelompok lain. 

Manfaat bengkuang untuk kesehatan juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

7. Kesehatan pencernaan 

Manfaat bengkuang juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Bengkuang mengandung enzim yang membantu memecah makanan dan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

8. Mengurangi berat badan 

Manfaat bengkuang untuk kesehatan juga bisa dijadikan makanan diet untuk mengurangi berat badan. 

Bengkuang kaya akan serat membuat orang cepat kenyang saat memakannya. Selain kaya serat, ekstrak bengkuang bisa mengurangi nafsu makanan, sehingga otomatis bisa menurunkan berat badan.  

Bengkuang juga mudah diolah, baik sebagai panganan camilan sehat, jadi olahan rujak buah, dibuat salad hingga menjadi makanan lain.  

9. Antimikroba 

Meskipun belum ada penelitian yang menjamin, sudah ada beberapa penelitian yang mengamati bahwa ekstrak bengkuang dapat melindungi tubuh terhadap bakteri yang resistan terhadap obat.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

10. Penurunan kolesterol 

Manfaat bengkuang juga sudah terbukti sebagai pengendali kolesterol. 

Dalam sebuah studi, wanita yang makan 18 ons (390 gram) bengkuang per hari selama 30 hari mengalami penurunan kadar kolesterol darah sebesar 6%. 

11. Dapat mengurangi peradangan 

Antioksidan dalam manfaat bengkuang juga dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan kronis terkait dengan peningkatan risiko berbagai kondisi, seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Mengonsumsi makanan anti-peradangan, seperti bengkuang, dapat membantu mengelola peradangan kronis. 

Beberapa penelitian pada tikus membuktikan bahwa bubuk bengkuang bisa mengurangi peradangan yang terkait dengan beberapa penyakit, termasuk kanker usus besar, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan sakit maag.

Itulah sederet manfaat bengkuang yang bisa coba Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×