kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?


Jumat, 01 Desember 2023 / 13:28 WIB
8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Ubi jalar


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Ubi - Terdapat beragam manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui dan sayang jika dilewatkan. Hal tersebut dikarenakan manfaat ubi jalar telah teruji khasiatnya.

Ubi jalar (Ipomoea batatas) bukan hanya sekadar makanan lezat yang sering dijumpai di meja makan kita, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Kaya akan nutrisi dan serat, ubi jalar dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan yang Menarik Perhatian

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat ubi jalar bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Essensial

Ubi jalar mengandung berbagai nutrisi essensial seperti vitamin A, C, dan B6, serat, potassium, magnesium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sistem kekebalan tubuh, dan sistem saraf.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ubi jalar merupakan sumber beta-karoten yang tinggi, yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, membantu penglihatan malam, dan mencegah masalah mata seperti kekeringan dan degenerasi makula.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam ubi jalar berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin A dan C dalam ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dikenal dapat mengurangi masalah kulit seperti jerawat, sementara vitamin C mendukung produksi kolagen yang penting untuk kelembutan dan kekenyalan kulit.

5. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, potassium, dan antioksidan dalam ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sementara potassium membantu menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Regulasi Gula Darah

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa sumber karbohidrat lainnya. Hal ini dapat membantu dalam regulasi gula darah, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes atau orang yang berusaha menjaga kadar gula darah tetap stabil.

7. Pemulihan Setelah Latihan

Potassium dalam ubi jalar dapat membantu mengurangi kelelahan otot dan mendukung pemulihan setelah latihan fisik. Ini membuat ubi jalar menjadi camilan yang baik setelah beraktivitas fisik intensif.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

8. Mendukung Fungsi Otak

Vitamin B6 dalam ubi jalar memainkan peran penting dalam produksi neurotransmitter, yang mendukung fungsi otak dan sistem saraf. Konsumsi vitamin B6 yang cukup dapat membantu menjaga kognisi dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Demikianlah beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa hasil yang optimal dapat dicapai dengan mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×