kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya


Kamis, 26 Oktober 2023 / 11:54 WIB
Kenali 8 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Selain itu, manfaat kacang kedelai juga telah telah teruji secara klinis khasiatnya.

Kacang kedelai, atau sering disebut kedelai, adalah salah satu bahan pangan yang kaya akan protein nabati, serat, dan sejumlah nutrisi penting. 

Kacang kedelai telah lama menjadi bahan dasar makanan di berbagai budaya, terutama di Asia, dan telah mendapatkan popularitas global sebagai sumber makanan yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kacang kedelai untuk kesehatan:

1. Sumber Protein Berkualitas

Kacang kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik yang tersedia. Kandungan proteinnya sebanding dengan daging hewan, tetapi dengan lebih sedikit lemak jenuh. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk vegetarian dan vegan yang mencari cara untuk memenuhi kebutuhan protein mereka. Protein dalam kacang kedelai juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Kesehatan Jantung

Kacang kedelai mengandung asam lemak omega-3, serat, dan fitosterol, yang semuanya dapat mendukung kesehatan jantung. Konsumsi kacang kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menyehatkan Tulang

Kacang kedelai mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor membantu menjaga kepadatan tulang, sementara magnesium diperlukan untuk penyerapan kalsium yang baik. Konsumsi kacang kedelai dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Menopausal Relief

Kacang kedelai mengandung senyawa alami yang disebut fitoestrogen, yang memiliki efek menyerupai hormon estrogen. Ini dapat membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flashes, perubahan suasana hati, dan gangguan tidur. Fitoterapi ini juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit seperti kanker payudara dan osteoporosis pada wanita menopausal.

5. Mencegah Kanker

Kacang kedelai mengandung senyawa antioksidan seperti isoflavon dan saponin, yang telah terbukti dapat melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang kedelai secara teratur dapat mengurangi risiko kanker payudara, prostat, dan usus besar.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Serat yang tinggi dalam kacang kedelai membantu mengendalikan kadar gula darah. Ini dapat membantu mencegah resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2. Kacang kedelai juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam setelah dikonsumsi.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Kacang kedelai mengandung serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, membantu Anda mengurangi asupan kalori harian. Selain itu, protein dalam kacang kedelai dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, membantu Anda membakar lemak lebih efisien, dan menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kacang kedelai mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi. Senyawa dalam kedelai juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kulit tetap kencang dan bercahaya.

Kacang kedelai adalah bahan makanan serbaguna yang tidak hanya enak, tetapi juga penuh dengan manfaat kesehatan. Dengan konsumsi yang teratur, Anda dapat memperbaiki kesehatan jantung, mencegah penyakit kronis, dan mendukung kesehatan tulang, kulit, dan berat badan Anda. Dengan berbagai cara yang dapat memasukkan kacang kedelai dalam makanan sehari-hari Anda, tidak ada alasan untuk tidak menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×