kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,15   0,50   0.06%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Kamis, 26 Oktober 2023 / 10:15 WIB
7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat kulit mangga untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat berbagai manfaat kulit mangga untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan tersembunyi. Selain itu, cara mengkonsumsi dan mengolah kulit mangga juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kulit mangga tersebut.

Mangga adalah buah yang lezat dan populer di seluruh dunia. Selain daging buahnya yang manis dan kaya nutrisi, kulit mangga juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Banyak orang sering membuang kulit mangga tanpa menyadari bahwa itu juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kulit mangga untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Serat Tinggi

Kulit mangga adalah sumber serat yang kaya. Serat merupakan komponen penting dalam makanan yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Simak 7 Obat Cacar Air Alami yang Ampuh, Mau Coba?

2. Antioksidan Tinggi

Kulit mangga mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk senyawa seperti quercetin, fisetin, dan astragalin. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Konsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

3. Potensi Antikanker

Beberapa penelitian awal telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kulit mangga mungkin memiliki sifat antikanker. Misalnya, quercetin yang ditemukan dalam kulit mangga telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya potensi antikanker dari kulit mangga.

Baca Juga: 7 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh yang Telah Teruji Klinis

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kulit mangga mengandung zeaxanthin, sejenis karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Zeaxanthin membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet dan dapat membantu mencegah perkembangan penyakit mata, seperti degenerasi makula.

5. Menyediakan Nutrisi Tambahan

Selain serat dan antioksidan, kulit mangga juga mengandung vitamin dan mineral tambahan, seperti vitamin C dan vitamin A. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, sedangkan vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan penglihatan.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat dan antioksidan dalam kulit mangga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), sementara antioksidan melindungi arteri dari kerusakan akibat peradangan.

Baca Juga: 10 Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Dukungan pada Proses Pencernaan

Serat dalam kulit mangga juga membantu meningkatkan kesehatan usus dan proses pencernaan. Ini dapat membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sembelit, sindrom usus iritabel, dan divertikulosis.

Meskipun kulit mangga memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mencucinya secara bersih sebelum mengonsumsinya untuk menghindari residu pestisida atau kotoran. Juga, pastikan untuk membeli mangga organik jika memungkinkan untuk mengurangi risiko paparan pestisida.

Dalam kesimpulan, kulit mangga adalah bagian buah yang sering dibuang tanpa dipertimbangkan. Namun, kulit mangga mengandung serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan mempertimbangkan manfaat kesehatan yang signifikan ini, Anda mungkin ingin memikirkan kembali sebelum membuang kulit mangga saat menikmati buah yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×