kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Rabu, 25 Oktober 2023 / 09:20 WIB
10 Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat nangka muda untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat nangka muda untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi nangka muda juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat nangka muda tersebut.

Nangka muda, atau dikenal juga dengan sebutan "jackfruit" dalam bahasa Inggris, adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki daging yang lembut, manis, dan beraroma enak. 

Selain menjadi makanan yang lezat, nangka muda juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Simak 8 Obat Kelenjar Getah Bening Alami yang Perlu Diketahui

Melansir dari Everyday Health, ini beberapa manfaat nangka muda untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Nangka muda kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, kalium, dan zat besi. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 mendukung fungsi otak dan sistem saraf, sementara serat membantu pencernaan yang sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan, Apa Saja?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam nangka muda membantu dalam menjaga tekanan darah yang seimbang. Diet yang kaya akan kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, serat dalam nangka muda juga berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

3. Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam nangka muda membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang esensial untuk pencernaan yang sehat.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Leunca untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Menyediakan Energi

Nangka muda mengandung karbohidrat yang memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini adalah sumber energi yang baik untuk aktivitas sehari-hari Anda.

5. Membantu Pengendalian Berat Badan

Meskipun manis, nangka muda memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Ini dapat membantu dalam pengendalian berat badan dan pengelolaan diabetes.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kulit Kentang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Antioksidan Alami

Nangka muda mengandung antioksidan seperti vitamin C dan karotenoid, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

7. Menyediakan Nutrisi Untuk Kulit

Nutrisi dalam nangka muda, terutama vitamin C, dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Vitamin C adalah komponen penting dalam produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Membantu Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kalium dalam nangka muda membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini penting untuk menjaga fungsi otot dan sistem saraf yang sehat.

9. Mendukung Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan Tubuh

Zat besi dalam nangka muda penting untuk membentuk hemoglobin, yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

10. Manfaat untuk Kesehatan Tulang

Nangka muda mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi nangka muda dapat membantu mencegah osteoporosis.

Mengingat sejumlah manfaat kesehatan yang dimilikinya, nangka muda adalah buah yang patut dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam diet sehari-hari. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsilah nangka muda dalam jumlah yang sesuai untuk mendapatkan manfaat terbaik dan seimbang dengan gaya hidup yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×