kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 24 Oktober 2023 / 10:55 WIB
10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah plum untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Tidak hanya itu, manfaat buah plum juga kerap luput dari perhatian.

Buah plum, juga dikenal sebagai plum atau alpukat, adalah buah yang berasal dari keluarga Rosaceae dan sering kali disajikan dalam berbagai hidangan. 

Buah plum ini biasanya berwarna ungu, merah, hijau, atau kuning, tergantung pada jenisnya. Selain rasanya yang lezat, plum juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Melansir dari MedicineNet, berikut beberapa manfaat buah plum untuk kesehata:

1. Kaya akan Serat

Buah plum mengandung serat yang tinggi, yang merupakan bagian penting dari diet sehat. Serat membantu mempromosikan pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Sumber Antioksidan

Plum adalah sumber antioksidan alami yang kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah plum mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat dan antioksidan dalam plum dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

4. Mendukung Manajemen Berat Badan

Kandungan serat dalam buah plum dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam manajemen berat badan. Selain itu, plum memiliki sedikit kalori, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan ideal.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah plum juga mengandung vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin K, vitamin A, kalium, dan magnesium. Vitamin K adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, dan konsumsi yang cukup dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai

6. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam plum dapat membantu merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan, membuat kulit tampak lebih muda.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Plum mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi vitamin A yang cukup dapat membantu mencegah masalah mata seperti degenerasi makula dan kebutaan malam.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Selain serat yang membantu dalam pencernaan, buah plum mengandung sorbitol, yang merupakan gula alami. Ini dapat membantu melonggarkan tinja dan mencegah sembelit.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

10. Menyegarkan Tubuh

Plum memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menyegarkan, terutama pada hari-hari panas.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah plum secara rutin sebagai bagian dari pola makan seimbang. Anda dapat menikmatinya segar, dalam bentuk jus, atau sebagai tambahan dalam hidangan salad. Buah plum adalah pilihan yang lezat dan bergizi yang dapat membantu Anda meraih kesehatan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×