kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Senin, 23 Oktober 2023 / 09:13 WIB
10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat belimbing wuluh juga telah teruji khasiatnya.

Belimbing wuluh, yang juga dikenal dengan nama "bilimbi" atau "belimbing buluh," adalah buah yang tumbuh di pohon berdaun hijau dari keluarga Averrhoa. 

Buah ini memiliki rasa yang asam dan sering digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman. Selain sebagai bahan masakan, belimbing wuluh juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Melansir dari WebMD, beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh:

1. Kandungan Nutrisi yang Kaya

Belimbing wuluh mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, fosfor, zat besi, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini memberikan dukungan penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Sumber Vitamin C

Belimbing wuluh adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

3. Mendukung Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam belimbing wuluh dapat membantu memperbaiki pencernaan. Serat membantu dalam memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol.

Baca Juga: Kenali 9 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Antioksidan Alami

Belimbing wuluh mengandung antioksidan alami, seperti fenol dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan konsumsi antioksidan ini, risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung dapat berkurang.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam belimbing wuluh dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu dalam mengatur kolesterol darah, sementara antioksidan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

6. Manfaat Antiinflamasi

Belimbing wuluh memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu dalam meredakan peradangan pada tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi penderita arthritis atau kondisi peradangan lainnya.

7. Potensi untuk Menurunkan Berat Badan

Serat dalam belimbing wuluh memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu dalam mengurangi nafsu makan. Ini bisa menjadi bantuan yang berguna dalam upaya menurunkan berat badan.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

8. Manfaat Kulit

Belimbing wuluh juga dapat digunakan secara topikal untuk merawat kulit. Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan, penggunaan masker wajah belimbing wuluh dapat membantu menyamarkan bintik hitam, memperbaiki tekstur kulit, dan memberikan kilau alami.

9. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam belimbing wuluh baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu dalam menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit mata seperti rabun senja, dan memperbaiki penglihatan.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi belimbing wuluh secara teratur juga dapat membantu dalam menjaga tekanan darah yang sehat dan mendukung fungsi jantung yang optimal.

Meskipun belimbing wuluh memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang, karena asupan yang berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi lambung. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum mengubah pola makan Anda secara signifikan atau menggunakan buah-buahan sebagai bagian dari perawatan kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×