kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga


Minggu, 22 Oktober 2023 / 15:00 WIB
Catat 10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsinya juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat daun salam secara maksimal.

Daun salam (Syzygium polyanthum) adalah bahan dapur umum yang sering digunakan untuk memberi aroma dan rasa khas pada makanan, terutama dalam masakan Asia Tenggara.

Tapi tahukah Anda bahwa daun salam juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh? Di dalam daun hijau ini terkandung sejumlah senyawa yang dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Baca Juga: 6 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun salam mengandung senyawa-senyawa seperti flavonoid dan polifenol yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini berperan dalam melawan infeksi dan penyakit, membantu tubuh lebih tahan terhadap serangan patogen.

Baca Juga: Kenali 8 Obat Sembelit Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

2. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam daun salam, seperti vitamin C, A, dan B, bersama dengan mineral seperti kalium, membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal, sementara antioksidan yang ada dalam daun salam dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Mengatur Gula Darah

Daun salam telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa aktif dalam daun salam, seperti polifenol, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengendalikan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Catat 7 Makanan Bagi Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

4. Efek Antiinflamasi

Senyawa antiinflamasi dalam daun salam dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit peradangan kronis, seperti arthritis.

5. Melawan Kanker

Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam daun salam memiliki potensi sebagai agen anti-kanker. Mereka dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan merangsang kematian sel kanker.

Baca Juga: Simak 5 Obat Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami

6. Mengurangi Masalah Pencernaan

Daun salam mengandung senyawa yang membantu mengurangi gangguan pencernaan, seperti gas, sembelit, dan diare. Mereka juga dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan.

7. Menyokong Kesehatan Kulit

Anda dapat menggunakan daun salam dalam bentuk minyak esensial atau ekstrak untuk merawat kulit Anda. Senyawa-senyawa dalam daun salam memiliki sifat antioksidan dan anti-penuaan yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Tersembunyi

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh daun salam telah digunakan secara tradisional untuk membantu tidur nyenyak. Minum secangkir teh daun salam sebelum tidur dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran, memfasilitasi tidur yang lebih baik.

9. Penggunaan sebagai Antioksidan

Daun salam mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Antioksidan ini membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat, Sudah Coba?

10. Menjaga Kesehatan Mata

Daun salam mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi daun salam secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah penglihatan.

Meskipun daun salam memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang sangat baik, penting untuk diingat bahwa konsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengintegrasikan daun salam atau suplemen daun salam ke dalam diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dengan pemahaman yang tepat tentang manfaat dan penggunaan yang bijak, Anda dapat memanfaatkan semua kebaikan yang ditawarkan oleh daun salam untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×