kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Tersembunyi


Jumat, 20 Oktober 2023 / 09:47 WIB
Cek 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Tersembunyi
ILUSTRASI. Manfaat lidah buaya.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh yang tersembunyi dan luput dari perhatian. Tidak hanya itu, manfaat lidah buaya juga telah terbukti khasiatnya oleh berbagai uji klinis.

Lidah buaya, atau Aloe vera, adalah tanaman yang sudah lama dikenal karena manfaat kesehatannya. 

Tanaman ini memiliki daun tebal yang mengandung gel bening yang kaya akan berbagai senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Catat!

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh:

1. Perawatan Kulit

Lidah buaya sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena khasiatnya yang luar biasa. Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan luka bakar ringan. Senyawa antiinflamasi dan antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan dan merangsang penyembuhan kulit.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan yang Menakjubkan

2. Melembapkan Kulit

Gel lidah buaya memiliki sifat melembapkan alami yang membantu menjaga kelembaban kulit. Ini cocok untuk semua jenis kulit, dari yang berminyak hingga yang kering. Selain itu, lidah buaya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

3. Mengurangi Jerawat

Kandungan salisilat dalam lidah buaya membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi risiko munculnya jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dan antiinflamasi lidah buaya membantu mengurangi peradangan pada kulit, yang sering kali menjadi penyebab jerawat.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Meredakan Luka Bakar

Lidah buaya telah digunakan secara tradisional untuk meredakan luka bakar ringan. Gel lidah buaya memberikan efek pendinginan pada kulit yang terbakar dan membantu dalam penyembuhan luka. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka bakar.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk polisakarida, yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Mengonsumsi ekstrak lidah buaya secara teratur dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Membantu Pencernaan

Lidah buaya juga dapat mendukung kesehatan pencernaan. Ini membantu mengurangi peradangan dalam sistem pencernaan dan merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Kandungan serat dalam lidah buaya juga membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

7. Meredakan Konstipasi

Ekstrak lidah buaya dapat digunakan sebagai pencahar alami. Ini membantu melonggarkan tinja dan meredakan konstipasi. Namun, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak, karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping.

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Kolesterol Tinggi dan Dampak Bagi Kesehatan

8. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Senyawa aktif dalam lidah buaya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

9. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak dan antioksidan dalam lidah buaya dapat mendukung kesehatan jantung. Mereka membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ampuh! Ini 7 Obat Batuk Alami yang Wajib Diketahui

10. Meredakan Radang Sendi

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan radang sendi pada penderita arthritis. Penggunaan topikal atau minuman ekstrak lidah buaya dapat membantu mengurangi gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

Meskipun lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk menggunakan produk lidah buaya dengan bijak. Penggunaan berlebihan atau alergi terhadap lidah buaya dapat menyebabkan efek samping. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang serius atau pertimbangan khusus, selalu konsultasikan dengan profesional medis sebelum menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan.

Dalam kesimpulan, lidah buaya adalah tanaman yang penuh dengan manfaat kesehatan. Dari perawatan kulit hingga dukungan sistem kekebalan tubuh, lidah buaya telah mendapatkan tempat khusus dalam dunia perawatan kesehatan dan kecantikan. Selalu pastikan Anda menggunakan produk lidah buaya berkualitas tinggi dan berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×