kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui


Rabu, 09 Agustus 2023 / 13:30 WIB
8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan bisa membantu mencegah infeksi karena mengandung antioksidan yang kuat.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Lidah Buaya - Lidah buaya adalah tanaman yang populer digunakan sebagai obat karena mengandung antioksidan dan antibakteri. Manfaat lidah buaya yang paling dikenal adalah mengobati luka pada kulit. 

Selain itu, manfaat lidah buaya juga dikenal dapat melembabkan kulit. Sehingga, ada banyak produk kecantikan kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. 

Namun, masih ada sejumlah potensi manfaat lidah buaya untuk kesehatan lainnya. 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan diantaranya adalah mengurangi plak gigi, mempercepat penyembuhan luka, mencegah keriput, dan mengelola gula darah.

Lantas, apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan? 

Baca Juga: Kenali 7 Obat Jerawat Alami yang Ampuh dan Mudah Dicari

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan 

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

1. Melembabkan kulit 

Manfaat lidah buaya untuk wajah adalah melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering. Lidah buaya mengandung air dan lendir yang berbentuk gel. 

Gel inilah yang digunakan oleh industri kosmetik, farmasi, bahkan makanan dan memiliki nilai pasar tahunan senilai US$13 miliar secara global.

Gel lidah buaya mengandung sebagian besar senyawa bioaktif yang bermanfaat, termasuk vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan.

Baca Juga: Daftar Bahan Alami yang Efektif Melumpuhkan Asam Lambung Tinggi

2. Membantu mencegah infeksi 

Manfaat lidah buaya juga bisa membantu mencegah infeksi karena mengandung antioksidan yang kuat seperti polifenol.

Polifenol bersama dengan beberapa senyawa lain dalam lidah buaya, membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Selanjutnya, manfaat lidah buaya untuk luka yakni bisa mempercepat penyembuhan luka. Gel lidah buaya sering dioleskan ke luka di kulit. 

Lidah buaya juga sering digunakan untuk mendinginkan kulit setelah terkena sengatan Matahari. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya.

Itulah yang membuat lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka dan mengobati masalah kulit. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa lidah buaya efektif digunakan untuk mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua. 

Lidah buaya juga membantu mencegah kemerahan, gatal, dan infeksi.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung Tinggi

4. Mengurangi plak gigi

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kondisi tersebut adalah dengan mengurangi penumpukan plak, atau biofilm bakteri, pada gigi.

Sebuah studi terhadap 300 orang yang berkumur dengan jus lidah buaya selama 4 hari membuktikan bahwa penggunannya sama efektifnya dibandingkan dengan obat kumur yang mengggunakan bahan chlorhexidine.

Studi lain menemukan manfaat serupa dari obat kumur lidah buaya selama periode 15 hingga 30 hari. Lidah buaya efektif membunuh bakteri Streptococcus mutans penghasil plak di mulut, serta ragi Candida albicans.

5. Membantu mengobati sariawan

Studi menunjukkan bahwa manfaat lidah buaya juga bisa mempercepat penyembuhan sariawan. 

Sebuah studi dengan 180 penderita sariawan menemukan bahwa lidah buaya efektif menyembuhkan sariawan saat dioleskan secara rutin selama tujuh hari. 

Baca Juga: 5 Makanan dan 5 Herbal Perontok Asam Urat, Tak Perlu Beli Obat

6. Mengurangi sembelit

Lidah buaya juga dapat membantu mengobati sembelit. Khasiat lidah buaya ini muncul dari kandungan lateks, atau reidu kuning lengket yang ada tepat di bawah kulit daun. 

Selain itu, ada beberapa senyawa yang bersifat sebagai pencahar alami yakni aloin atau barbaloin. 

Manfaat lidah buaya juga banyak digunakan untuk memperbaiki sejumlah kondisi kulit dan memperlambat penuaan kulit.

7. Dapat memperbaiki kondisi kulit dan mencegah keriput

Manfaat lidah buaya juga banyak digunakan untuk memperbaiki sejumlah kondisi kulit dan memperlambat penuaan kulit.

Sebuah studi pada 2009 terhadap 30 wanita di atas 45 tahun yang mengonsumsi gel lidah buaya selama 90 hari dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit. 

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit, Mau Coba?

8. Menurunkan kadar gula darah

Selain itu, manfaat lidah buaya juga bisa sebagai obat diabetes. Lidah buaya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol gula darah.

Sebanyak delapan studi menemukan bahwa lidah buaya dapat bermanfaat bagi penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2 karena pengaruhnya terhadap kontrol glikemik.

Namun, kualitas penelitian yang ada tidak ideal, sehingga para ilmuwan saat ini tidak merekomendasikan penggunaan lidah buaya untuk tujuan ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Pelajari Cara Membuatnya

Efek samping penggunaan lidah buaya

Efek Samping Lidah Buaya

Lidah buaya adalah obat yang aman dengan sedikit efek samping yang diketahui. Pusat Nasional untuk Kesehatan Lengkap dan Integratif (NCCIH) mengatakan bahwa penggunaan topikal kemungkinan besar aman.

Konon, penggunaan lidah buaya secara oral dapat menyebabkan kram perut atau diare karena efek pencaharnya.  Ada juga beberapa laporan kerusakan hati yang terkait dengan penggunaan suplemen lidah buaya dalam jangka panjang.

NCCIH juga melaporkan bahwa ekstrak daun lidah buaya utuh yang tidak diwarnai tampaknya dikaitkan dengan risiko kanker pada tikus.

Demikian informasi mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×