kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 5 Obat Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami


Jumat, 20 Oktober 2023 / 13:02 WIB
Simak 5 Obat Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami
ILUSTRASI. Obat darah tinggi alami.


Penulis: Ryan Suherlan

Obat Darah Tinggi - Ada berbagai pilihan obat darah tinggi dan cara mengatasi darah tinggi secara alami yang penting diketahui. Selain itu, mengkonsumsi obat darah tinggi alami juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Darah tinggi, atau hipertensi, adalah masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia dan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Sementara obat-obatan resep seringkali digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, banyak orang juga mencari alternatif alami untuk mengurangi risiko dan mendukung kesehatan kardiovaskular mereka.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan yang Tersembunyi

Melansir dari WebMD, berikut beberapa obat darah tinggi alami di antaranya:

1. Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat alami untuk hipertensi. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat, Sudah Coba?

2. Daun Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Kubis

Kubis kaya akan nitrat, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Mengonsumsi kubis mentah atau dalam bentuk jus dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Air Es Untuk Kesehatan yang Jarang Dikenali

4. Peterseli

Peterseli mengandung senyawa flavonoid yang disebut apigenin, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengendurkan pembuluh darah.

5. Bit

Bit atau beetroot mengandung nitrat alami yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi jus bit atau bit mentah dapat membantu.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Selain menggunakan tanaman herbal, perubahan gaya hidup juga dapat berkontribusi signifikan dalam mengendalikan tekanan darah. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi hipertensi secara alami:

Diet Seimbang

Konsumsi makanan yang rendah lemak jenuh, sodium, dan gula. Tingkatkan asupan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan kaya serat.

Baca Juga: 6 Manfaat Kulit Petai Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi berat badan.

Kurangi Stress

Tekanan psikologis dapat memengaruhi tekanan darah. Luangkan waktu untuk bermeditasi, berolahraga, atau melakukan kegiatan yang meredakan stres.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Delima untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

Pantau Kadar Garam

Batasi konsumsi garam Anda, karena natrium dapat meningkatkan tekanan darah. Baca label makanan dengan seksama untuk menghindari makanan yang mengandung natrium berlebihan.

Hindari Alkohol dan Merokok

Menghindari alkohol dan merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko hipertensi.

Mantau Berat Badan Ideal

Kegemukan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Menurunkan berat badan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur dapat membantu.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Rutin Cek Kesehatan

Terakhir, penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala dan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memantau tekanan darah dan kesehatan jantung Anda.

Penting untuk diingat bahwa sebelum memulai regimen pengobatan alami apa pun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu, terutama jika Anda telah menerima diagnosis hipertensi. Mereka dapat memberikan panduan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Dengan perubahan gaya hidup yang tepat dan penggunaan tanaman herbal yang bijaksana, Anda dapat membantu mengelola tekanan darah Anda dan mempromosikan kesehatan jantung yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×