kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya


Minggu, 22 Oktober 2023 / 18:00 WIB
Kenali 8 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya
ILUSTRASI. Manfaat kacang tanah untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh yang telah teruji khasiatanya secara klinis. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kacang tanah juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kacang tanah secara maksimal.

Kacang tanah adalah salah satu makanan ringan yang populer di seluruh dunia, terutama sebagai camilan yang lezat. Selain rasa gurih dan tekstur renyahnya, kacang tanah juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkadang terlupakan. 

Kacang tanah adalah sumber nutrisi yang kaya, dan mereka dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam diet sehari-hari.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Air Es Untuk Kesehatan yang Jarang Dikenali

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan berdasarkan bukti ilmiah:

1. Kaya akan Nutrisi

Kacang tanah adalah sumber nutrisi yang kaya. Mereka mengandung protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang penting. Sebagai contoh, satu ons (28 gram) kacang tanah mengandung sekitar 7 gram protein, 2 gram serat, dan sejumlah vitamin B seperti niacin dan folat. Selain itu, kacang tanah juga mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, dan mangan.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat, Sudah Coba?

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kacang tanah secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kacang tanah mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu meningkatkan profil lipid darah dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Mereka juga mengandung antioksidan seperti resveratrol, yang berhubungan dengan manfaat jantung.

3. Membantu Pengendalian Berat Badan

Meskipun kacang tanah mengandung lemak, mereka bisa membantu dalam pengendalian berat badan. Kacang tanah membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena seratnya yang tinggi. Ini dapat mengurangi keinginan makan camilan tidak sehat dan membantu menjaga asupan kalori Anda tetap terkendali.

Baca Juga: Simak 5 Obat Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kacang tanah juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti niacin, vitamin E, dan magnesium yang baik untuk kesehatan otak. Niacin membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sementara vitamin E dan magnesium berperan dalam perlindungan sel-sel otak dari kerusakan oksidatif.

5. Menyediakan Energi yang Bertahan Lama

Kacang tanah mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang membantu memberikan energi yang bertahan lama. Ini menjadikannya camilan yang ideal untuk meningkatkan stamina dan daya tahan selama aktivitas fisik atau olahraga.

Baca Juga: Kenali 8 Obat Sembelit Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

6. Menyehatkan Kulit

Kacang tanah mengandung vitamin E, yang dikenal sebagai vitamin kecantikan karena kemampuannya untuk menjaga kulit tetap sehat. Vitamin E adalah antioksidan yang membantu melawan tanda-tanda penuaan dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kacang tanah juga mengandung zat gizi seperti lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Zat-zat ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan memainkan peran dalam mencegah penyakit mata terkait usia, seperti katarak.

Baca Juga: 6 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

8. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Anak-anak

Kacang tanah adalah sumber nutrisi yang baik untuk anak-anak dalam fase pertumbuhan dan perkembangan. Protein, lemak sehat, dan vitamin B dalam kacang tanah sangat penting untuk perkembangan sel-sel tubuh dan otak anak-anak.

Sementara kacang tanah memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Hindari mengonsumsi kacang tanah yang digoreng dalam minyak berlebihan atau ditambahkan garam secara berlebihan. Pilihan terbaik adalah kacang tanah tanpa garam atau digoreng dalam minyak sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×