kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga


Selasa, 24 Oktober 2023 / 10:00 WIB
Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat stroberi untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah tersebut juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat stroberi tersebut.

Stroberi (Fragaria x ananassa) adalah buah yang sangat populer dan digemari di seluruh dunia. Selain rasanya yang segar dan manis, stroberi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Stroberi ini bukan hanya menggugah lidah, tetapi juga memberikan kontribusi positif pada kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Antioksidan

Stroberi mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk vitamin C, flavonoid, dan asam elagik. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam jangka panjang, konsumsi stroberi dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

2. Mendukung Fungsi Kognitif

Studi telah menunjukkan bahwa stroberi dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat. Kandungan flavonoid dalam stroberi, seperti quercetin dan kaempferol, telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan otak. Konsumsi rutin stroberi dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda seiring bertambahnya usia.

3. Mengurangi Peradangan

Stroberi mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit peradangan kronis seperti arthritis. Antioksidan dalam stroberi juga membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Stroberi kaya akan serat, vitamin C, dan kalium, yang semuanya mendukung kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sementara kalium membantu mengendalikan tekanan darah. Dengan mengonsumsi stroberi secara teratur, Anda dapat menjaga jantung tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menyokong Kesehatan Mata

Stroberi mengandung zat-zat seperti vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Makan stroberi secara rutin dapat membantu mencegah gangguan mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

6. Mendukung Sistem Pencernaan

Serat dalam stroberi membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi serat secara cukup juga berhubungan dengan pengurangan risiko penyakit pencernaan, termasuk kanker usus besar.

7. Membantu Pengendalian Berat Badan

Stroberi adalah camilan sehat yang rendah kalori dan tinggi serat, yang membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang berusaha menjaga berat badan ideal. Makan stroberi bisa memberikan rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori, sehingga membantu dalam pengendalian berat badan.

Baca Juga: 10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam stroberi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan memiliki sistem kekebalan yang kuat, Anda lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.
Dalam kesimpulan, stroberi adalah buah yang lezat dan penuh manfaat kesehatan.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda, melindungi diri dari berbagai penyakit, dan memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi penting. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan stroberi ke menu makanan Anda untuk menikmati manfaat kesehatan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×