kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Kurma Muda untuk Promil hingga Ibu Menyusui


Kamis, 05 Oktober 2023 / 09:08 WIB
Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Kurma Muda untuk Promil hingga Ibu Menyusui
ILUSTRASI. Luar Biasa, Ini 4 Manfaat Kurma Muda untuk Promil hingga Ibu Menyusui


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sederet manfaat kurma muda untuk promil dan ibu menyusui. Pilihan kurma muda atau kurma setengah matang dapat menjadi alternatif nutrisi penting yang berkaitan dengan kesuburan.

Buah kurma muda, juga dikenal sebagai "kurma muda" atau "kurma hijau," memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia.

Kurma muda mengandung berbagai nutrisi penting termasuk vitamin A, vitamin K, berbagai jenis vitamin B, vitamin C, dan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Kandungan vitamin dan mineral dalam kurma muda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Inilah Manfaat Kurma untuk Gula Darah, Kenali Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya

Kurma muda

Selain itu, kurma muda juga mengandung serat makanan yang terkandung dapat membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Dengan rasa yang cenderung manis, kurma muda mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi cepat, sehingga baik dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk mengatasi kelelahan atau meningkatkan stamina.

Selain untuk kesehatan, kurma muda dipercaya memiliki manfaat bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan.

Salah satu jenis kurma muda atau setengah matang adalah Kurma Ruthob yang mudah dijumpai di Indonesia.

Baca Juga: Ini 8 Buah untuk Menambah Darah yang Cegah Gejala Anemia

Berikut adalah beberapa manfaat yang umumnya dikaitkan dengan konsumsi buah kurma muda dilansir dari Steemit.

Manfaat Kurma Muda atau Kurma Ruthob

1. Meningkatkan kesuburan

Kurma merah muda mampu meningkatkan kesuburan dan menjaga vitalitas pria. Sedangkan ibu bersalin bisa mengonsumsi kurma kuning dan kurma hijau yang kaya akan kandungan kalsium dan zat besi.

Hormon botosin mempunyai peranan penting untuk meningkatkan gerakan peristaltik pada pembuluh darah dan rahim (rahim) pada wanita, sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

2. Kesehatan Rahim

Beberapa pakar kesehatan Islam menyarankan untuk mengonsumsi kurma kuning dan kurma kering secara bersamaan. Kurma bersifat kering dan dingin, sedangkan kurma kering bersifat lembab dan panas.

Dengan dua buah kurma dengan khasiat berbeda dipercaya dapat menetralisir obat dan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Konsumsi kurma muda dapat membantu istri saat berhubungan intim dengan suami. Sebab, kandungan yang ada di dalam kurma bisa menimbulkan rangsangan pada otot polos rahim agar bisa berkontraksi. Hal ini juga berlaku saat istri sedang melahirkan;

3. Peningkatan produksi ASI

Kurma muda juga bisa menjadi alternatif bagi ibu menyusui yang kesulitan mendapatkan daun katuk. Kandungan oksitosin pada buah ini mampu meningkatkan produksi ASI pada bayi.

Baca Juga: Harga Emas Naik Lagi (5/10), Pembeli Setahun Masih Minus 4,5%

4. Kontrol tekanan darah

Manfaat kurma muda bagi kesehatan antara lain dapat mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan merawat kulit agar tetap sehat (vitamin A), menurunkan kemungkinan terkena kanker mulut, meningkatkan kinerja jantung, mencegah stroke, dan meningkatkan daya ingat.

Cara Konsumsi Kurma Muda

Kurma aman dikonsumsi langsung atau diolah menjadi minuman. Jika Anda dan pasangan ingin mengolahnya, keringkan buah tersebut hingga bisa dihaluskan menjadi kurma.

Lalu, campurkan dengan madu sebanyak satu sendok teh dan diseduh dengan air hangat.

Minum air kurma dan madu sekitar setengah jam sebelum berhubungan badan. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi dalam jumlah yang tepat dan seimbang penting untuk memanfaatkan manfaat kesehatan dari buah kurma muda.

Demikian informasi terkait manfaat kurma muda yang berkhasiat untuk program hamil dan ibu menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×