kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Buah untuk Menambah Darah yang Cegah Gejala Anemia


Selasa, 03 Oktober 2023 / 10:46 WIB
Ini 8 Buah untuk Menambah Darah yang Cegah Gejala Anemia
ILUSTRASI. Ini 8 Buah untuk Menambah Darah yang Cegah Gejala Anemia. Foto: wikimedia.com


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip sederet buah untuk menambah darah yang bisa cegah anemia. Anda bisa konsumsi daftar buah berikut ini dari rumah secara rutin.

Istilah medis dari menambah kadar darah tentu merujuk pada langkah untuk mengatasi masalah kekurangan darah (anemia) melibatkan peningkatan jumlah sel darah merah dan meningkatkan kualitas darah.

Untuk meningkatkan kadar darah atau mencegah anemia, ada beberapa nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan kualitas darah.

Anda bisa mencatat beberapa nutrisi penting yang bisa didapatkan dari makanan.

Baca Juga: 5 Jus Sehat Perontok Lemak Membandel yang Bisa Turunkan Berat Badan Berlebih

Daftar buah untuk menambah darah

Nutrisi untuk menambah darah

Berikut adalah nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar darah:

  • Zat Besi: Zat besi adalah komponen utama hemoglobin, yang membawa oksigen dalam darah. Makanan kaya zat besi meliputi daging merah, unggas, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan sereal diperkaya zat besi.
  • Vitamin B12: Vitamin B12 penting untuk produksi sel darah merah. Sumber vitamin B12 termasuk daging, ikan, produk susu, dan makanan yang diperkaya seperti sereal.
  • Folat (Vitamin B9): Folat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Makanan kaya folat meliputi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jeruk, alpukat, dan hati.
  • Vitamin C: Vitamin ini membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan. Sumber vitamin C termasuk buah-buahan seperti jeruk, stroberi, tomat, dan sayuran seperti brokoli dan paprika.
  • Vitamin A: Vitamin ini membantu memelihara sel darah merah dan dapat ditemukan pada hati, telur, susu, dan sayuran seperti wortel, ubi jalar, dan bayam.
  • Vitamin K: Nah, vitamin ini juga diperlukan untuk pembekuan darah yang sehat dan bisa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan minyak ikan.
  • Tembaga: Tembaga membantu dalam pembentukan sel darah merah dan bisa ditemukan dalam makanan seperti daging merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Nah, agar konsumsi makanan sehat mudah diterapkan, Anda bisa konsumsi buah berikut ini dengan porsi yang seimbang.

Simak daftar buah untuk menambah darah yang mudah untuk dikonsumsi dirangkum dari laman NDTV.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah, Ini Manfaat Rebung yang Kaya Antioksidan

Buah untuk menambah darah

1. Jeruk

Tanaman Jeruk

Zat besi tidak dapat terserap seluruhnya oleh tubuh, oleh karena itu diperlukan suatu media yang dapat membantu penyerapannya dengan baik.

Oleh karena itu, inilah saatnya vitamin C berperan. Makan lebih banyak jeruk, lemon, paprika, tomat, jeruk bali, beri, dan lain-lain karena sangat kaya akan kandungan vitamin C.

2. Buah Beri

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum rendahnya kadar hemoglobin. Tunjangan Diet yang Direkomendasikan (RDA) untuk zat besi adalah:

Untuk pria dewasa (19 hingga 50 tahun), jumlahnya delapan miligram; sedangkan untuk wanita dewasa (19 hingga 50 tahun) adalah 18 miligram.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti sayuran berdaun hijau, hati, tahu, bayam, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, ikan, buah-buahan kering, dan lain-lain.

3. Kacang-kacangan

Kacang pistachio

Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan rendahnya kadar hemoglobin.

Perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, tauge, kacang kering, kacang tanah, pisang, brokoli, hati, dan lain-lain.

4. Delima

Delima merupakan sumber yang kaya kalsium dan zat besi bersama dengan protein, karbohidrat dan serat. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan hemoglobin; berkat nilai gizi luar biasa yang dimilikinya.

Anda bisa meminum jus delima setiap hari untuk memastikan kadar hemoglobin seimbang.

5. Kurma

Kurma

Buah kering yang sangat manis ini kaya akan energi dan sangat bergizi. Kurma menyediakan banyak sumber zat besi yang meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Namun, sebagian besar dokter menganjurkan agar penderita diabetes menghindari makan kurma karena kandungan gulanya yang tinggi.

6. Buah Bit

Bit adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Tidak hanya kandungan zat besinya yang tinggi, tetapi juga asam folat, potasium, dan serat. Minumlah jus bit setiap hari untuk memastikan jumlah darah yang sehat.

7. Biji Labu

Labu

Biji labu mengandung sekitar delapan miligram zat besi bersama dengan kandungan kalsium, magnesium, dan mangan yang cukup. Taburkan di atas salad atau smoothie Anda; manfaatkan kelezatan kecil ini di mana pun Anda mau.

8. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah terbaik yang membantu meningkatkan hemoglobin karena kandungan zat besi dan vitamin C yang membuat proses penyerapan zat besi lebih baik dan cepat.

Makanan yang mengandung polifenol, tanin, fitat dan asam oksalat seperti teh, kopi, kakao, produk kedelai, dan dedak menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh kita. Sebaiknya batasi asupan makanan ini jika Anda menderita kadar hemoglobin yang rendah.

Demikian informasi terkait sederet buah untuk menambah darah yang mencegah anemia hingga kekurangan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×