kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,72   -11,79   -1.28%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Kulit Kentang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 24 Oktober 2023 / 10:56 WIB
Kenali 8 Manfaat Kulit Kentang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kulit kentang untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat kulit kentang untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi kulit kentang juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kulit kentang secara maksimal.

Kentang adalah salah satu makanan yang sangat umum dalam masakan sehari-hari. 

Biasanya, kita fokus pada daging buah kentang, tetapi ternyata kulit kentang juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

Melansir dari Livestrong, berikut beberapa manfaat kulit kentang untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Serat yang Baik

Kulit kentang kaya akan serat pangan, yang sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, mengatur kadar gula darah, dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker usus.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Kaya Antioksidan

Kulit kentang mengandung berbagai antioksidan, termasuk karotenoid dan flavonoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini bisa membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Kulit kentang juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. Ini termasuk vitamin C, vitamin B, kalium, zat besi, dan magnesium. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, sedangkan kalium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah normal dan keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Kulit kentang mengandung kalium dan serat yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium membantu mengendalikan tekanan darah, sedangkan serat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Dengan mengonsumsi kulit kentang, Anda dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular Anda.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam kulit kentang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini. Selain itu, vitamin C dalam kulit kentang membantu memproduksi kolagen, yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput.

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai

6. Dukungan Manajemen Berat Badan

Kulit kentang mengandung serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu dalam manajemen berat badan dengan mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat. Jika Anda sedang berdiet, kulit kentang bisa menjadi pilihan camilan yang baik.

7. Menyediakan Energi Tambahan

Kulit kentang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Ini bisa membantu Anda tetap bertenaga sepanjang hari dan meningkatkan kinerja fisik Anda.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

8. Mendukung Kesehatan Mental

Kulit kentang juga mengandung zat besi, yang penting untuk kesehatan mental. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, konsentrasi yang buruk, dan perubahan mood. Dengan mengonsumsi kulit kentang, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup zat besi.

Untuk mengambil manfaat maksimal dari kulit kentang, pastikan Anda mencuci kentang dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Anda juga dapat memasaknya dengan cara yang sehat, seperti memanggang atau merebus, daripada menggorengnya. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan untuk menyertakan kulit kentang dalam makanan Anda untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×