kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,93   -12,58   -1.37%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Leunca untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Selasa, 24 Oktober 2023 / 11:05 WIB
Kenali 10 Manfaat Leunca untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat leunca untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat banyak manfaat leunca untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi leunca juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat leunca secara maksimal.

Leunca, juga dikenal sebagai lunci atau kantong semar, adalah tumbuhan yang biasanya digunakan dalam hidangan tradisional Indonesia. 

Leunca ini memiliki daun hijau gelap dan buah kecil yang memiliki berbagai manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melansir dari Nature Hemeopathy, berikut beberapa manfaat leunca untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Leunca mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, serat, dan mineral seperti kalsium dan fosfor. Vitamin C membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin A baik untuk kesehatan mata, dan vitamin K penting untuk pembekuan darah yang sehat.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

2. Antioksidan Tinggi

Leunca mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan fenolik. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan memicu penyakit serius, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Mendukung Pencernaan

Serat dalam leunca membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat mempromosikan gerakan usus yang sehat, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Ini juga dapat membantu mengendalikan berat badan dengan memberi rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Menurunkan Kolesterol

Leunca dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan seratnya membantu mengikat kolesterol dalam usus, mencegahnya dari diserap ke dalam aliran darah.

5. Mengendalikan Gula Darah

Serat dalam leunca juga dapat membantu mengendalikan gula darah. Ini berguna bagi penderita diabetes atau bagi mereka yang ingin mencegah peningkatan gula darah setelah makan.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Karena kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengendalikan tekanan darah, leunca dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ini adalah manfaat kesehatan yang penting, mengingat penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia.

7. Antiinflamasi

Beberapa senyawa dalam leunca diketahui memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita penyakit inflamasi seperti arthritis.

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai

8. Pendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam leunca penting untuk kesehatan mata. Ini dapat membantu melindungi mata dari gangguan penglihatan dan kerusakan oksidatif.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam leunca adalah nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

10. Mengandung Fitokimia

Leunca juga mengandung berbagai fitokimia seperti luteolin, quercetin, dan kaempferol, yang telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan.
Meskipun leunca adalah makanan yang relatif kurang dikenal di luar Indonesia, manfaat kesehatannya cukup mengesankan. 

Mengintegrasikan leunca ke dalam pola makan Anda dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×