kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 8 Obat Kelenjar Getah Bening Alami yang Perlu Diketahui


Selasa, 24 Oktober 2023 / 11:18 WIB
Simak 8 Obat Kelenjar Getah Bening Alami yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Obat kelenjar getah bening.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai obat kelenjar getah bening alami yang perlu diketahui dan sayang jika dilewatkan. Hal tersebut dikarenakan kelenjar getah bening termasuk salah satu penyakit yang perlu diketahui.

Kelenjar getah bening, atau dikenal juga dengan istilah "limfadenopati," adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. 

Kelenjar getah bening berperan dalam menyaring zat-zat berbahaya, seperti bakteri, virus, dan sel-sel kanker, serta membantu tubuh melawan infeksi.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Namun, kadang-kadang kelenjar getah bening dapat menjadi bengkak atau meradang, yang merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diatasi. Banyak orang mencari obat alami untuk mengatasi masalah kelenjar getah bening. 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa obat kelenjar getah bening alami di antaranya:

1. Meningkatkan Konsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang tepat memainkan peran kunci dalam menjaga kelenjar getah bening sehat. Makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, seng, dan selenium, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan seperti buah-buahan segar, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian adalah pilihan yang bagus untuk menjaga kelenjar getah bening tetap sehat.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

2. Kurangi Stres

Stres dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda, dan penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis dapat menyebabkan peradangan. Praktik seperti meditasi, yoga, dan relaksasi dapat membantu mengurangi stres dan mendukung kesehatan kelenjar getah bening.

3. Minum Air yang Cukup

Dehidrasi dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan masalah pada kelenjar getah bening. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Herbal dan Suplemen Alami

Beberapa herbal dan suplemen alami telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu kelenjar getah bening. Contoh herbal yang dapat membantu termasuk echinacea, astragalus, dan rumput gandum. Namun, selalu konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengambil suplemen atau herbal baru, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

5. Hindari Paparan Toksin

Paparan toksin seperti asap rokok, polusi udara, dan bahan kimia beracun dapat merusak kelenjar getah bening dan sistem kekebalan tubuh secara umum. Hindari paparan ini sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan Anda.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

6. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga juga dapat membantu mengurangi stres, yang dapat berkontribusi pada masalah kelenjar getah bening.

7. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa bernama katekin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mendukung kesehatan kelenjar getah bening.

Baca Juga: Kenali 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai

8. Pencegahan Infeksi

Menghindari infeksi adalah langkah penting untuk menjaga kelenjar getah bening tetap sehat. Pastikan Anda mencuci tangan secara teratur, menghindari kontak dengan orang yang sakit, dan mengikuti vaksinasi yang direkomendasikan oleh tenaga medis.

Meskipun obat alami dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kelenjar getah bening tetap sehat, penting untuk diingat bahwa jika Anda mengalami gejala yang tidak kunjung membaik atau jika kelenjar getah bening Anda terus membengkak, Anda harus segera berkonsultasi dengan profesional medis. Hanya profesional medis yang dapat memberikan diagnosis yang tepat dan menyarankan pengobatan yang sesuai.

Untuk menjaga kelenjar getah bening dan sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat, kombinasikan perawatan alami dengan pola makan seimbang, gaya hidup aktif, dan pengelolaan stres yang baik. Kesehatan kelenjar getah bening Anda adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Menanti Kebijakan Energi Nasional, Ini Nasib Pembangkit Nuklir & Larangan Ekspor Gas

Menarik Dibaca: Tiga Alasan Wajib Nonton Serial Doona di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×