kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Kamis, 26 Oktober 2023 / 10:15 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat buah semangka untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat buah semangka juga telah teruji secara klinis.

Buah semangka, dengan dagingnya yang segar dan manis serta kadar air yang tinggi, sering menjadi favorit banyak orang terutama pada musim panas. Selain rasanya yang lezat, buah semangka juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah semangka juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan:

1. Menjaga Hidrasi

Semangka adalah buah yang mengandung sekitar 90% air, sehingga sangat efektif dalam menjaga hidrasi tubuh, terutama selama cuaca panas. Dengan mengonsumsi semangka, Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, yang penting untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap optimal.

Baca Juga: Simak 7 Obat Cacar Air Alami yang Ampuh, Mau Coba?

2. Sumber Nutrisi

Selain air, semangka juga mengandung berbagai nutrisi penting. Buah ini kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, serta vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Semangka juga mengandung vitamin B6, yang mendukung fungsi otak dan sistem saraf, dan kandungan vitamin B1 (tiamin) yang diperlukan untuk metabolisme tubuh.

3. Antioksidan Alami

Semangka mengandung antioksidan seperti likopen, beta-karoten, dan lainnya. Likopen, khususnya, telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh yang Telah Teruji Klinis

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dalam semangka juga berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Likopen telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalium dalam semangka membantu mengatur tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat.

5. Menyokong Kesehatan Kulit

Semangka mengandung vitamin C, yang membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bebas keriput. Kandungan air dalam semangka juga membantu menjaga kulit terhidrasi dan memperbaiki tekstur kulit.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

6. Menyediakan Serat

Meskipun buah semangka terutama terdiri dari air, ia juga menyediakan sejumlah serat diet yang membantu pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan dapat membantu dalam manajemen berat badan dengan memberikan perasaan kenyang lebih lama.

7. Menyediakan Elektrolit Alami

Selain air, semangka juga mengandung elektrolit alami seperti natrium, kalium, dan magnesium. Elektrolit ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda, yang penting untuk fungsi otot, saraf, dan keseimbangan cairan tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Mendukung Penurunan Berat Badan

Semangka adalah camilan sehat yang rendah kalori dan rendah lemak. Kandungan serat dan air yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam penurunan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat.

9. Menyegarkan Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, semangka adalah camilan ideal karena dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, menggantikan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik, dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pemulihan otot.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

10. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa likopen dalam semangka dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker rahim.

Dalam penutup, buah semangka adalah buah yang segar, lezat, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Menyantap semangka secara teratur dapat membantu menjaga tubuh Anda tetap hidrasi, memberikan nutrisi penting, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan manfaat-manfaat kesehatan yang dimilikinya, tidak ada alasan untuk tidak menikmati buah segar ini, terutama selama musim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×