kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek, 6 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Jangan Dilewatkan


Sabtu, 01 Juli 2023 / 05:30 WIB
Cek, 6 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Jangan Dilewatkan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Semangka adalah buah kaya air yang memiliki sejumlah manfaat selama kehamilan. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil salah satunya bisa mengatasi mual dan muntah.

Selain itu, semangka juga bisa mencegah dehidrasi karena kandungan semangka 91% adalah air. Dirangkum dari laman Healthline, semangka kaya akan air dan menyediakan karbohidrat, tembaga, dan asam pantotenat dalam jumlah sedang, serta vitamin A dan C.  

Selain itu, semangka juga kaya lutein dan likopen, dua antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan dan penyakit.  

Kandungan antioksidan dalam semangka dapat meningkatkan kesehatan mata, otak, dan jantung, serta berpotensi menawarkan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan spesifik ini juga dapat membantu menurunkan risiko kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan lainnya. Selain itu, apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil?

Baca Juga: 11 Buah-Buahan yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Manfaat semangka untuk ibu hamil  

Manfaat semangka untuk ibu hamil

Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil: 

1. Dapat mengurangi risiko preeklamsia 

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mengurangi risiko preeklamsia. Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, dan adanya protein dalam urin. 

Hal ini dapat memicu kondisi serius dan penyebab utama kelahiran prematur. Berdasarkan temuan bahwa suplemen yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko preeklamsia.  

Semangka kaya akan likopen, senyawa hidrokarbon karotenoid merah yang ditemukan pada tomat dan buah-buahan lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa likopen yang ditemukan dalam buah semangka dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50%. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Jika Rajin Dikonsumsi

2. Dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan

Selama kehamilan, kebutuhan cairan harian seorang wanita meningkat. Hal ini untuk membantu mendukung sirkulasi darah agar optimal dan mengisi cairan ketuban. 

Pada saat yang sama, pencernaan kerja sistem cenderung melambat. Kombinasi tersebut membuat wanita hamil berisiko mengalami dehidrasi. Serta meningkatkan risiko sembelit atau wasir selama kehamilan. 

Hidrasi yang kurang optimal selama kehamilan juga dapat dikaitkan dengan pertumbuhan janin yang buruk, serta risiko kelahiran prematur dan cacat lahir yang lebih tinggi.  

Kandungan air yang kaya, membuat manfaat semangka untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan lebih baik, yang dapat mengurangi risiko sembelit, wasir, dan komplikasi kehamilan.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan, Baik Untuk Otot Hingga Ginjal

3. Mengurangi rasa mual dan muntah  

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil selanjutnya yakni membantu mengurangi rasa mual dan muntah. Dikutip dari Parenting Firstcry, wanita hamil menderita serangan mual dan muntah, terutama selama beberapa minggu pertama kehamilan.  

Segelas jus buah semangka di pagi hari sangat efektif dalam memerangi penyakit ini. Selain meredakan morning sickness, segelas jus semangka di pagi hari sangat menyegarkan tubuh dan memberikan energi.  

Baca Juga: Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Bagus untuk Mata, Kulit & Cegah Kanker

4. Meningkatkan imunitas 

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil juga bisa meningkatkan imunitas. Tubuh wanita hamil melawan infeksi dan penyakit untuk dua orang yakni dirinya dan bayinya yang sedang tumbuh. 

Hal ini terkadang menyebabkan penurunan tingkat kekebalan tubuh. Semangka mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen dan dikenal dapat meningkatkan tingkat kekebalan. 

5. Membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin

Alasan penting lainnya bagi wanita hamil untuk mengonsumsi buah semangka selama kehamilan adalah semangka dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang sedang tumbuh.  

Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Semangka bagi Kesehatan: Tingkatkan Libido dan Kurangi Tanda Penuaan

Semangka mengandung kalsium dan kalium dalam jumlah besar, dan mineral ini diperlukan untuk perkembangan tulang pada janin.

6. Mencegah kram bagi ibu hamil 

Selain itu kandungan mineral di dalam semangka dapat membantu mencegah kram yang biasanya terjadi di trimester tiga kehamilan.

Nah, itulah manfaat buah semangka untuk ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×