kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Kamis, 26 Oktober 2023 / 10:15 WIB
Kenali 10 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat daun pisang.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat daun pisang untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui dan kerap luput dari perhatian. Padahal, manfaat daun pisang untuk kesehatan telah teruji secara klinis.

Daun pisang, yang sering kali diabaikan atau dianggap sebagai limbah tanaman, sebenarnya memiliki sejumlah manfaat yang mengejutkan untuk kesehatan tubuh manusia. 

Selain sebagai penutup alami untuk hidangan seperti lembaran pembungkus makanan tradisional, daun pisang memiliki sifat-sifat yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Melansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat daun pisang untuk kesehatan:

1. Antioksidan Alami

Daun pisang mengandung senyawa antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Simak 7 Obat Cacar Air Alami yang Ampuh, Mau Coba?

2. Kesehatan Jantung

Daun pisang mengandung kalium, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah yang seimbang, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mendukung fungsi otot jantung yang sehat.

3. Menurunkan Kolesterol

Serat dalam daun pisang membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Ini adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh yang Telah Teruji Klinis

4. Mendukung Fungsi Usus

Daun pisang mengandung serat makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Ini juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS).

5. Pengobatan Luka dan Pembengkakan

Beberapa budaya telah menggunakan daun pisang sebagai obat tradisional untuk mengobati luka dan pembengkakan. Menerapkan daun pisang yang segar ke luka atau daerah yang meradang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

6. Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid dalam daun pisang juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga penglihatan yang baik seiring bertambahnya usia.

7. Mengatasi Masalah Kulit

Daun pisang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan gatal-gatal. Ekstrak daun pisang seringkali digunakan dalam produk perawatan kulit alami.

Baca Juga: 10 Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Anti-Inflamasi Alami

Daun pisang memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi individu dengan kondisi inflamasi kronis seperti arthritis.

9. Mencegah Asma

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun pisang dapat membantu mencegah atau meredakan gejala asma. Ini mungkin karena sifat antiinflamasi dan antioksidan dari daun pisang.

Baca Juga: Simak 8 Obat Kelenjar Getah Bening Alami yang Perlu Diketahui

10. Sumber Nutrisi Tambahan

Daun pisang juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat.

Meskipun manfaat daun pisang untuk kesehatan tubuh cukup menjanjikan, penting untuk diingat bahwa daun pisang sebaiknya dimakan atau digunakan dalam bentuk yang benar. Sebaiknya, daun pisang yang akan dikonsumsi harus dicuci dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang mungkin ada pada permukaannya.

Dalam banyak budaya, daun pisang digunakan dalam berbagai hidangan tradisional. Sebagai contoh, daun pisang sering digunakan sebagai pembungkus makanan dalam hidangan seperti pepes, lemper, atau otak-otak. Selain itu, daun pisang juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang lezat dan sehat.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan daun pisang, tidak ada alasan untuk mengabaikannya lagi. Ini adalah salah satu contoh nyata bahwa alam menyediakan banyak solusi alami untuk menjaga kesehatan kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba daun pisang dalam hidangan Anda dan manfaatkan potensi kesehatan yang ditawarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×