kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Cek Manfaat Daun Singkong untuk Tubuh


Senin, 15 Mei 2023 / 15:05 WIB
Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Cek Manfaat Daun Singkong untuk Tubuh
ILUSTRASI. Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Cek Manfaat Daun Singkong untuk Tubuh


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah daun singkong menyebabkan darah tinggi? Simak manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh.

Sebagian besar masyarakat percaya daun singkong menyebabkan darah tinggi. Oleh karena itu, ada yang menyarankan agar konsumsi daun singkong tidak boleh berlebihan.

Selain itu, penderita hipertensi juga disarankan tidak makan terlalu banyak daun singkong. Ada kekhawatiran daun sinkong menyebabkan darah tinggi sehingga memperparah hipertensi.

Lalu apakah benar daun singkong menyebabkan darah tinggi?

Dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Provinsi NTB, daun singkong mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc dan lain sebagainya.

Selain itu, daun singkong mempunyai kadar kalori dan lemak rendah. Di dalam 100 gram daun singkong terdapat kandungan kalori sebanyak 37 kkal dan terdapat kandungan lemak sebanyak 1,9 gram.

Baca Juga: Cara Minum Air Rebusan Daun Sukun untuk Redakan Asam Urat, Gula Darah & Hipertensi

Dengan kandungan itu, daun singkong sebenarnya tidak menyebabkan darah tinggi jika diolah dengan baik dan dikonsumsi secara wajar.

Namun, daun singkong bisa menyebabkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi jika dimasak dengan santan dan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Meski demikian, penderita hipertensi tetap boleh makan daun singkong tanpa khawatir menyebabkan darah tinggi jika dikonsumsi secara terbatas.

Manfaat daun singkong

Dibalik efek negatif menyebabkan darah tinggi, daun singkong yang kaya nutrisi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Gramedia.com, jurnal Trends in Food Science & Technology, menuliskan beragam manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat daung singkong untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat daun singkong yang pertama adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena salah satu kandungan dalam daun singkong yang baik untuk kesehatan, yaitu folat serta vitamin C.

Manfaat dari daun singkong ini mampu memperkuat sistem imun tubuh. Vitamin C di dalamnya membantu sistem kekebalan dengan cara menyerang inti virus dan bakteri. Daun singkong ini juga merupakan antioksidan yang dikenal baik untuk memangkas radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas yang diketahui memiliki kaitan dengan risiko terjadinya kanker. Sehingga, folat akan membantu produksi sel dalam tubuh, membantu dalam pembuatan materi genetik untuk kehidupan dan mencegah mutasi DNA.

2. Membantu Menyembuhkan Luka

Manfaat daun singkong yang kedua adalah membantu menyembuhkan luka. Hal ini karena daun singkong telah memiliki banyak sekali nutrisi yang membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Untuk manfaat maksimal, bisa dengan mengolah daun singkong menjadi pengobatan yang alami untuk membantu menyembuhkan luka.

Langkahnya dengan menghancurkan daun singkong dengan memberikan sedikit gel lidah buaya dan dibuat hingga menjadi pasta halus. Kemudian, oleskan pasta ini pada luka. Bisa juga memanfaatkan batang singkongnya untuk menyembuhkan luka.

Dari pasta halus tersebut yang terbuat dari daun dan juga gel, parut sebagian dari umbi singkong. Jika luka akibat luka bakar, peras ampas rimpang singkong tersebut dan oleskan setiap hari ke luka.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun singkong yang ketiga adalah meningkatkan nafsu makan. Daun singkong bisa memulihkan nafsu makan. Dengan cara, membuat ramuan daun singkong dengan jahe dan juga diminum setiap pagi setelah bangun tidur. Selain itu pun, ada cara lain dengan cara mengkonsumsi lebih banyak serat. Untuk daun singkong menjadi makanan yang kaya akan serat.

Diet tinggi akan serat terbukti bisa meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun makanan yang tinggi akan serat selalu direkomendasikan dalam diet seimbang, namun jenis makanan ini akan bisa memperlambat pencernaan dan juga akan membuat merasa kenyang lebih lama.

Makan diet rendah akan serat bisa mencegah merasa terlalu kenyang, dan mungkin juga bisa membantu makan lebih banyak pada siang hari.

4. Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Manfaat daun singkong yang keempat adalah menambah nutrisi untuk ibu hamil.  Wanita hamil perlu membutuhkan banyak vitamin C serta folat, yang bisa didapatkan melalui makanan ataupun suplemen. Makanan yang bisa dipilih, yakni daun singkong.

Secangkir singkong mengandung sebanyak 15 persen dari kebutuhan folat harian dan juga 47 persen kebutuhan kalsium harian. Daun singkong sendiri memiliki rasa yang hambar, jadi mungkin merasa enggan untuk memakannya.

Tidak perlu khawatir lagi, cobalah potong-potong sedikit daunnya dan masak dengan daging serta sayur yang di rebusan. Dengan cara ini, akan membuat makanan lebih enak dari daun singkong. Namun perlu diingat jangan pernah mengkonsumsi singkong yang mentah.

Mengutip dari Medical News Today, singkong mentah ini karena mengandung bentuk sianida alami, yang beracun jika tertelan. Merendam dan juga memasak singkong membuat senyawa ini tidak berbahaya. Sehingga, ketika memakan singkong mentah atau tidak diolah dengan benar dapat menyebabkan efek samping yang parah.

5. Membantu Mengobati Penyakit Rematik

Manfaat daun singkong yang kelima adalah membantu mengobati penyakit rematik. Menurut laman Hospital for Special Surgery, ungkapnya daun singkong kaya akan magnesium.

Diet tinggi akan magnesium menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah yang mengurangi kemungkinan penyakit rematik sepanjang hidup. Singkong bisa disebutkan sebagai pemasok lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium per porsi harian.

Cara mengolah daun singkong menjadi obat alami untuk atasi rematik adalah dengan mengambil 150 gram daun singkong, garam, sedikit serai, dan 15 gram jahe. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut dalam satu liter air sampai volumenya berkurang mencapai sekitar 400ccs. Minum ramuan ini setiap paginya untuk mencegah penyakit rematik.

6. Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan Kulit

Manfaat daun singkong yang keenam adalah merawat kecantikan kulit. Singkong memiliki kandungan mineral dan juga efek farmakologis yang bisa menjadikan sebagai antioksidan. Hal tersebutlah yang membuat singkong mampu mempercepat proses penyembuhan dari luka atau noda bekas jerawat.

Selain itu, kandungan singkong sendiri terdiri dari saripati yang bersifat sama seperti bengkoang yang bisa membantu mendinginkan serta mencerahkan kulit wajah. Tidak hanya daunnya, kulit dari singkong juga bisa sebagai eksfoliator alami.

Caranya, dengan mengupas tipis dari kulit singkong dan juga di tumbuk agar teksturnya menjadi lebih halus. Aplikasikan hal ini pada wajah juga leher, dan tunggu hingga selama beberapa menit. Setelah setengah kering, gosok juga secara perlahan dan bilas hingga bersih.

Selain daun singkong, ternyata ada banyak lagi sayuran lainnya yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah wortel. Wortel ini dikenal mengandung beta karoten dalam kadar yang tinggi yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Wortel ini harus ada dan dikonsumsi secara rutin karena bisa membuat kulit bersinar, menghindari keriput dan juga memperbaiki tampilan kulit.

Selain itu juga, ada juga bayam yang ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Dengan mengkonsumsi bayam dan memberikan asupan antioksidan sebagai pencegah keriput serta memperkuat jaringan kulit, serta mengeluarkan racun dari tubuh hingga membuat kulit lebih cerah. Rebus bayam sebelum dikonsumsi atau buat jus bayam untuk diminum.

Itulah jawaban dari pertanyaan "apakah daun singkong menyebabkan darah tinggi". Daun singkong memang memiliki efek negatif, tapi manfaat untuk kesehatan tubuh juga besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×