kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?


Minggu, 03 Desember 2023 / 15:05 WIB
7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?
ILUSTRASI. Buah Delima


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat buah delima bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji secara klinis.

Buah delima, yang juga dikenal sebagai buah merah menggoda, bukan hanya lezat tetapi juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat memberikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat buah delima bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah delima dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan tertinggi di dunia. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah delima telah terbukti dapat mendukung kesehatan jantung. Kandungan antioksidannya membantu mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Selain itu, buah delima juga dapat membantu mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol, faktor-faktor yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah delima tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan internal tubuh tetapi juga membantu menjaga kulit tetap sehat. Antioksidan membantu melawan penuaan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, menjadikan buah delima pilihan yang bagus untuk menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

4. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah delima dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam buah ini dapat memiliki efek melawan pertumbuhan sel kanker.

5. Mendukung Fungsi Otak

Buah delima dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam buah delima dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan, membantu meningkatkan daya ingat, dan melawan penyakit neurodegeneratif.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam buah delima dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: 7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah delima membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal memiliki peran penting dalam melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap kuat dan sehat.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan untuk mengonsumsi buah delima dalam berbagai bentuk, baik segar maupun dalam bentuk jus. Namun, seperti halnya dengan makanan atau minuman lainnya, konsumsi buah delima sebaiknya dalam batas yang wajar sebagai bagian dari pola makan seimbang. Jadi, tambahkan buah delima ke dalam menu harian Anda dan nikmati manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda!

Selanjutnya: Huawei Mulai Penjualan Perdana Huawei Watch Fit SE, Ada Kesempatan Dapat Diskon

Menarik Dibaca: Begini Cara Membagikan Spotify Wrapped 2023, Punya Banyak Fitur Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×