kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Minggu, 03 Desember 2023 / 13:05 WIB
Ini 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Jambu biji


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat jambu biji juga telah teruji secara klinis.

Jambu biji, buah yang lezat dan segar, tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Buah jambu biji ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Melansir dari Healthline dan WebMD, berikut manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Vitamin C

Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mempromosikan kesehatan kulit.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh

2. Mendukung Fungsi Pencernaan

Jambu biji mengandung serat makanan yang tinggi, yang mendukung sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengatur kadar gula darah.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan kalium dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Menjaga Kesehatan Mata

Jambu biji mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan E, yang mendukung kesehatan mata. Senyawa antioksidan dalam buah ini juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat yang tinggi membantu mengontrol kadar gula darah, menjadikan jambu biji pilihan yang baik untuk orang-orang dengan diabetes atau yang berisiko mengembangkan penyakit tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam jambu biji membantu produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam buah ini juga melawan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kecerahan kulit.

7. Mendukung Kesehatan Tulang

Kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin K dalam jambu biji berperan penting dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, serta mencegah risiko osteoporosis.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

8. Menyehatkan Sistem Saraf

Kandungan magnesium dalam jambu biji mendukung fungsi saraf yang sehat. Ini dapat membantu mengurangi risiko gangguan saraf dan meningkatkan kesehatan otak.

9. Meningkatkan Energi

Kandungan gula alami dalam jambu biji memberikan energi yang cepat, menjadikannya camilan sehat untuk meningkatkan stamina dan vitalitas.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

10. Mengandung Antioksidan

Jambu biji mengandung sejumlah besar antioksidan seperti polifenol, karotenoid, dan likopen, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Meskipun jambu biji memberikan berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan seimbang. Kombinasi buah-buahan lain, sayuran, protein, dan sumber nutrisi lainnya akan memberikan dukungan optimal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, nikmati jambu biji dan manfaatkan nutrisinya untuk kesehatan yang lebih baik.

Selanjutnya: Kemudahan Mencari Pinjaman Ultra Mikro di Gerai Senyum Bikin Nasabah Tersenyum

Menarik Dibaca: Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×