kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga


Senin, 04 Desember 2023 / 14:07 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat buah semangka.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Semangka - Banyak manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, manfaat buah semangka juga telah teruji secara klinis.

Buah semangka (Citrullus lanatus) bukan hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Semangka, dengan kadar air yang tinggi dan kandungan nutrisi yang kaya, menjadi pilihan buah yang baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehat.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Arema FC, Ini Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 21

Merangkum dari Good Housekeeping, berikut manfaat buah semangka bagi kesehatan:

1. Kaya akan Air

Buah semangka terutama terdiri dari air, menjadikannya buah yang sangat efektif untuk menjaga tubuh terhidrasi. Kadar air yang tinggi membantu mencegah dehidrasi, terutama di musim panas atau saat cuaca panas.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Sumber Antioksidan

Semangka mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan mempromosikan kesehatan sel.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dalam semangka telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Likopen membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), mendukung kesehatan pembuluh darah, dan melindungi jantung.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Menyehatkan Kulit

Vitamin A dan C dalam semangka berperan penting dalam kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, sementara vitamin A mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel kulit. Kombinasi ini membantu menjaga kulit tetap sehat dan berkilau.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam semangka berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur, Anda dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah semangka mengandung beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan dapat membantu mencegah masalah mata seperti kekeringan mata dan degenerasi makula.

7. Menyediakan Elektrolit Alami

Semangka mengandung elektrolit alami seperti potasium, magnesium, dan kalsium. Elektrolit ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mendukung fungsi otot dan saraf, serta mencegah kelelahan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

8. Menyegarkan dan Menurunkan Suhu Tubuh

Buah semangka memiliki efek menyegarkan dan dapat membantu menurunkan suhu tubuh, membuatnya cocok dikonsumsi pada hari-hari panas atau saat demam.

9. Mendukung Pemulihan Pasca-Olahraga

Kandungan elektrolit dan air dalam semangka membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memulihkan cairan tubuh setelah aktivitas fisik, membantu mengurangi risiko kelelahan dan kram otot.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

10. Menurunkan Risiko Asma

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi likopen dapat berhubungan dengan penurunan risiko asma. Semangka, dengan kandungan likopen yang tinggi, dapat memberikan manfaat tambahan dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Meskipun buah semangka memberikan sejumlah manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Selain itu, konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu sebelum menambahkan semangka ke dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×