kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,08   6,68   0.74%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh


Senin, 04 Desember 2023 / 14:07 WIB
Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Manfaat buah naga untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Naga - Ada berbagai manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah naga juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah naga secara maksimal.

Buah naga, juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah yang berasal dari kaktus dari keluarga Cactaceae. Buah ini telah menjadi semakin populer di seluruh dunia tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Terdapat dua jenis buah naga yang umum dikonsumsi, yaitu buah naga merah (pitaya merah) dan buah naga putih (pitaya putih).

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Arema FC, Ini Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 21

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat buah naga bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah naga mengandung sejumlah besar antioksidan, seperti betasianin, betasitosterol, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan lemak sehat dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol, sedangkan vitamin C dan lemak sehat bekerja sama untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu dalam produksi sel darah putih dan antioksidan, yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah naga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Ini menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk orang yang mengelola diabetes atau yang berisiko tinggi terkena penyakit ini.

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah naga membantu mempromosikan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam usus. Ini juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga berperan penting dalam merawat kulit. Mereka membantu melawan penuaan kulit, mengurangi kerutan, dan merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

7. Menurunkan Berat Badan

Buah naga rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan camilan yang sehat untuk membantu menurunkan berat badan. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

8. Mengandung Elektrolit

Buah naga mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, dan kalsium, yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah dehidrasi dan mendukung fungsi otot dan saraf.

Buah naga bukan hanya lezat tetapi juga merupakan tambahan yang bergizi untuk pola makan sehat. Dengan sejumlah manfaat kesehatan tubuh yang luar biasa, menambahkan buah naga ke dalam diet harian dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menikmati kelezatan buah naga dan mendukung kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×