kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?


Selasa, 05 Desember 2023 / 10:17 WIB
6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?
ILUSTRASI. Buah stroberi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah stroberi bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, manfaat buah stroberi juga telah terbukti khasiatnya secara klinis.

Buah stroberi (Fragaria x ananassa) bukan hanya menyajikan cita rasa manis yang lezat, tetapi juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. 

Berbagai senyawa bioaktif dalam stroberi telah dikenal memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung, sistem kekebalan tubuh, dan bahkan mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Baca Juga: Persib Bandung Ditahan Imbang PSM Makassar 0-0

Merangkum dari BBC Good Food, ini manfaat buah stroberi bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Stroberi mengandung sejumlah besar antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan asam ellagic. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada proses penuaan serta perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Senyawa antioksidan dalam stroberi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin stroberi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang penting untuk kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah stroberi mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan perlindungan terhadap penuaan otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Konsumsi rutin stroberi telah terkait dengan peningkatan daya ingat dan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

4. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam stroberi berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan yang cukup dari vitamin C dapat membantu melawan infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

5. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Stroberi memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Serat juga membantu mengatur gula darah dan mendukung pencernaan yang sehat. Sebagai camilan rendah kalori dan tinggi serat, stroberi dapat menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang berusaha mengelola berat badan.

Baca Juga: Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin C, vitamin A, dan senyawa antioksidan lainnya dalam stroberi dapat mendukung kesehatan mata. Mereka dapat membantu mencegah degenerasi makula dan masalah mata lainnya yang terkait dengan penuaan.

Stroberi bukan hanya lezat tetapi juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tambahkan buah stroberi ke dalam pola makan sehat Anda dan nikmati manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×