kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?


Selasa, 05 Desember 2023 / 12:26 WIB
7 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?
ILUSTRASI. Jagung manis


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jagung manis bagi kesehatan tubuh terbilang penting dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat jagung manis bagi kesehatan juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Jagung manis, atau sering disebut jagung madu, adalah salah satu jenis jagung yang memiliki cita rasa yang manis dan lezat. 

Selain menjadi camilan favorit, jagung manis juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi tubuh.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat jagung manis bagi kesehatan:

1. Kaya akan Serat

Jagung manis mengandung serat pangan yang tinggi, yang sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Konsumsi yang cukup serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Sumber Energi yang Baik

Jagung manis mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Karbohidrat ini penting untuk menjaga tingkat energi tubuh dan mendukung fungsi otak. Selain itu, jagung manis memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Kaya akan Antioksidan

Jagung manis mengandung sejumlah antioksidan, termasuk zeaxanthin dan lutein. Kedua senyawa ini penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

Baca Juga: Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

4. Menyediakan Vitamin dan Mineral Penting

Jagung manis kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral, termasuk vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, magnesium, dan potasium. Vitamin dan mineral ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, sistem saraf, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Mengandung Asam Folat

Asam folat, atau vitamin B9, yang terdapat dalam jagung manis sangat penting untuk kesehatan sel dan perkembangan janin pada ibu hamil. Asam folat dapat membantu mencegah kelainan pada janin, seperti cacat tabung saraf, dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh yang sehat.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan dalam jagung manis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sementara antioksidan melawan radikal bebas yang dapat merusak pembuluh darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

7. Pendukung Program Diet

Bagi mereka yang menjalani program diet, jagung manis bisa menjadi pilihan camilan sehat. Rasa manis alami jagung dapat memuaskan keinginan akan makanan manis, sementara serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Meskipun jagung manis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan seimbang. Kombinasi jagung manis dengan berbagai jenis makanan sehat akan memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Sebelum mengubah pola makan atau menambahkan makanan baru, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×