kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui


Jumat, 13 Oktober 2023 / 13:21 WIB
10 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat jagung manis untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jagung Manis - Banyak manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat jagung manis untuk kesehatan juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Jagung manis, atau sering disebut jagung kental, adalah salah satu makanan yang populer di seluruh dunia. Selain rasanya yang lezat, jagung manis juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengagumkan. 

Selain sebagai sumber nutrisi yang kaya, jagung manis juga mengandung senyawa bioaktif yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan, Catat Ya!

Merangkum dari PharmEasy, berikut beragam manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Jagung manis mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin C, serat, dan mineral seperti magnesium dan fosfor. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan seluruh tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Apa itu Kutu Air? Simak 5 Obat Kutu Air Alami yang Ampuh Ini

2. Serat Tinggi

Satu cangkir jagung manis mengandung sekitar 3,5 gram serat, yang merupakan sekitar 14% dari kebutuhan harian rata-rata seseorang. Konsumsi serat yang cukup membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat.

3. Kaya Antioksidan

Jagung manis mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan peningkatan risiko terjadinya penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: 9 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Gejala, dan Cara Mencegahnya

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, vitamin C, dan magnesium dalam jagung manis membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sedangkan magnesium mendukung fungsi otot jantung yang sehat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi jagung manis dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya. Ini bisa membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mendukung upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Sumber Energi yang Sehat

Jagung manis mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang berkelanjutan. Ini adalah sumber energi yang baik untuk tubuh tanpa menimbulkan lonjakan gula darah seperti yang terjadi setelah mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

7. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam jagung manis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 9 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan yang Menakjubkan

8. Manfaat Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam jagung manis juga berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

9. Mencegah Penyakit Kronis

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi jagung manis dapat membantu dalam mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, berkat kandungan seratnya yang tinggi dan kemampuannya mengontrol gula darah.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

10. Mendukung Kesehatan Tulang

Jagung manis mengandung mineral seperti magnesium dan fosfor yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Konsumsi jagung manis secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis.

Meskipun jagung manis memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan, perlu diingat bahwa mengonsumsinya dengan berlebihan atau dalam bentuk yang diproses dengan banyak gula dan lemak tambahan dapat mengurangi manfaatnya. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi jagung manis dalam bentuk segar atau direbus tanpa tambahan bahan-bahan yang kurang sehat.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan asupan nutrisi Anda sambil merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa, jagung manis adalah pilihan yang cerdas untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari Anda. Dengan kaya nutrisi dan sifat-sifatnya yang mendukung kesehatan, jagung manis adalah salah satu makanan yang patut Anda pertimbangkan untuk dimasukkan dalam diet seimbang Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×