kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga


Selasa, 05 Desember 2023 / 10:16 WIB
7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Buah cempedak


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah buah cempedak juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat buah cempedak tersebut.

Buah cempedak (Artocarpus integer) adalah salah satu jenis buah tropis yang memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. 

Buah cempedak ini juga sering ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Baca Juga: Persib Bandung Ditahan Imbang PSM Makassar 0-0

Melansir dari Health Benefits Times, Selain menjadi camilan yang lezat, cempedak juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Kaya Akan Nutrisi

Buah cempedak kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Kandungan nutrisi ini membantu menyediakan energi dan memastikan fungsi tubuh berjalan optimal. Vitamin seperti vitamin C dan A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan mata.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Sumber Antioksidan

Cempedak mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan kanker.

3. Mendukung Fungsi Pencernaan

Kandungan serat dalam cempedak membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara umum. Ini juga dapat membantu mengontrol berat badan dan mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

4. Menyediakan Energi

Buah cempedak mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi tahan lama. Konsumsi cempedak dapat membantu mengatasi rasa lelah dan memberikan dorongan energi alami. Oleh karena itu, cempedak dapat menjadi pilihan camilan sehat untuk menjaga stamina sepanjang hari.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dalam cempedak dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Diet yang kaya akan kalium dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, serat dan antioksidan dalam cempedak juga berperan dalam menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

6. Membantu Pemeliharaan Kulit

Vitamin C dan A dalam cempedak berperan penting dalam pemeliharaan kulit yang sehat. Vitamin C membantu produksi kolagen, yang mendukung elastisitas kulit, sementara vitamin A membantu memperbaiki dan meremajakan sel-sel kulit. Konsumsi cempedak secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap segar.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A dalam cempedak tidak hanya baik untuk kulit tetapi juga penting untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kornea mata dan mendukung penglihatan malam. Oleh karena itu, cempedak dapat menjadi tambahan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Meskipun buah cempedak memiliki banyak manfaat, sebaiknya tetap mengonsumsinya dengan bijak sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Kombinasi buah-buahan beragam akan memberikan manfaat kesehatan yang optimal. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×