kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

8 Manfaat Anggur Merah untuk Kesehatan yang Sebaiknya Jangan Dilewatkan


Senin, 21 Agustus 2023 / 09:47 WIB
8 Manfaat Anggur Merah untuk Kesehatan yang Sebaiknya Jangan Dilewatkan
ILUSTRASI. Sebuah studi di Italia menunjukkan bahwa manfaat anggur merah bisa membantu mengurangi gejala insomnia.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Anggur adalah tanaman buah berbentuk semak dan perdu yang merambat. Di Indonesia biasanya ada dua jenis buah anggur yakni anggur merah dan anggur hijau. Ternyata, ada sejumlah manfaat anggur merah untuk kesehatan yang sebaiknya jangan dilewatkan. 

Di Indonesia, buah anggur telah dibudidayakan secara luas di Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Palu, Malang, Pasuruan, Panarukan, Buleleng, dan Kupang. 

Nah, manfaat anggur merah untuk kesehatan karena kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Lantas, apa saja manfaat anggur merah untuk kesehatan? 

Baca Juga: 5 Cara Agar Nyeri Sendi Asam Urat Kabur Tak Kembali

Manfaat anggur merah 

Manfaat anggur merah untuk kesehatan

Dirangkum dari buku "7 Buah-buahan Istimewa dalam Al-Qur'an dan Manfaatnya bagi Kesehatan Manusia", berikut adalah sejumlah manfaat anggur merah untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan daya ingat 

Manfaat anggur merah yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan daya ingat. Kandungan vitamin B6 pada anggur merah juga sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal. 

Selain itu, vitamin B6 juga bisa meningkatkan fungsi hippocampus, yang merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengingat. 

Baca Juga: 5 Cara Alami Mencegah Munculnya Uban

2. Menjaga kesehatan kulit 

Manfaat anggur merah juga bisa menjaga kesehatan kulit karena mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah, membantu mengurangi kulit berminyak, mengecilkan pori, hingga mencegah munculnya jerawat. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas California, Los Angeles, ditemukan bahwa resveratol dalam buah anggur berkhasiat menghambat tanda-tanda penuaan dan munculnya masalah kulit yang lain. 

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat anggur merah untuk kesehatan mata juga bisa meningkatkan protein pelindung di retina dan mencegah stres oksidatif. Kandungan flavonoid dalam anggur merah juga bisa mencegah katarak. 

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Menakjubkan

4. Menurunkan kadar kolesterol 

Anggur merah kaya akan kandungan resveratrol dan saponin yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol serta menurunkan kadar trigliserida dalam darah. 

Hal itu membuat tubuh menjadi sehat dan aman dari risiko penyakit jantung serta obesitas. 

5. Menjaga kesehatan jantung 

Buah yang mendapatkan warna merahnya dari flavonoid ini juga bisa menjaga kesehatan jantung. Flavonoid mencegah timbulnya gumpalan darah dan oksidasi. 

Kulit anggur merah mengandung anthocyanin yang mampu melindung jantung dari masalah kesehatan. Selain itu, setiap 100 gram anggur merah mengandung 191 mg kalium. 

Mengonsumsi buah dengan kandungan kalium tinggi bisa mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: 6 Manfaat Kismis yang Kaya Mineral, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

6. Mencegah pertumbuhan kanker 

Menurut National Cancer Institute, kulit buah anggur merah mengandung polifenol jenis resveratol yang kemungkinan bisa berguna mencegah pembentukan dan penyebaran kanker. 

Berdasarkan studi dari pusat kanker Universitas Colorado melaporkan bahwa ekstrak biji anggur sangat efektif menghentikan pertumbuhan kanker. 

Hasil studi ini memberikan harapan pengobatan yang lebih baik dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi yang turut merusak sel-sel dan jaringan di sekitar sel kanker termasuk sel-sel yang sehat. 

7. Menjaga vitalitas pria

Kandungan mineral mikro dalam anggur merah yakni mangan dan seng berfungsi menjaga libido seks pria, menjaga kesuburan pria, serta mencegah, dan mengatasi peradangan prostat. 

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

8. Mengurangi gejala insomnia

Sebuah studi di Italia menunjukkan bahwa manfaat anggur merah bisa membantu mengurangi gejala insomnia. Sebab, anggur merah mengandung melatonin yakni hormon yang membantu mengatur jam biologis manusia. 

Hormon melatonin umumnya akan muncul di malam hari, sehingga mengantarkan orang untuk tidur pulas. 

Demikian sejumlah ulasan mengenai manfaat anggur merah untuk kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×