kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Agar Nyeri Sendi Asam Urat Kabur Tak Kembali


Kamis, 17 Agustus 2023 / 06:19 WIB
5 Cara Agar Nyeri Sendi Asam Urat Kabur Tak Kembali
ILUSTRASI. Asam urat adalah sejenis artritis yang menyebabkan nyeri sendi yang tiba-tiba dan parah.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

CARA MENCEGAH ASAM URAT - Berikut adalah cara mencegah asam urat. Asam urat adalah sejenis artritis yang menyebabkan nyeri sendi yang tiba-tiba dan parah. 

Penyakit ini menyebabkan nyeri hebat yang datang tiba-tiba pada persendian. Biasanya, nyeri muncul tak hanya di jempol kaki, tapi juga sendi kaki dan tangan, pergelangan tangan, siku, atau lutut. 

Asam urat juga kerap mengakibatkan panas, bengkak, kulit merah di atas sendi yang terkena. 

Dikutip dari NHS, setelah mengalami asam urat pertama, beberapa orang dapat sembuh dan tak mengalaminya lagi. Namun, ada juga yang berubah menjadi asam urat kronis yang menyebabkan kerusakan sendi permanen dan mengakibatkan kecacatan. 

Dilansir dari Arthritis-health, diet asam urat dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan menurunkan risiko serangan berulang dan memperlambat kerusakan sendi. 

1. Jangan minum soda  

Makanan dan minuman manis, seperti soda meningkatkan asupan purin dan risiko serangan asam urat. Untuk itu, sebaiknya ganti minuman bersoda dengan air putih. Minum banyak air dapat menurunkan risiko serangan asam urat. 

Para ahli biasanya merekomendasikan minum 48 sampai 64 ons air (sekitar 6 sampai 8 gelas), setiap hari. Tetap terhidrasi dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh. 

Kopi dan teh tampaknya tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, bahkan kopi bisa menurunkannya, tetapi tetap perhatikan batas konsumsinya dan hindari jumlah berlebihan.

Baca Juga: 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orang  

2. Giatkan aktivitas fisik 

Salah satu faktor risiko asam urat adalah berat badan. Kebanyakan ahli merekomendasikan untuk menurunkan berat badan berlebih untuk mengurangi risiko asam urat. 

Hindari gaya hidup yang tidak sehat dan berolahraga secara teratur. Jika tidak menurunkan berat badan, maka dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat. 

Baca Juga: 8 Makanan Terlarang untuk Penderita Asam Urat, Tak Ada Kangkung di Daftar




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×