kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!


Kamis, 07 Desember 2023 / 15:07 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!
ILUSTRASI. Kedondong


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kedondong - Simak berbagai manfaat buah kedondong bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui. Selain itu, takaran dan cara mengkonsusmi buah kedondong juga perlu diperhatikan.

Buah kedondong (Spondias dulcis), yang juga dikenal sebagai ambarella atau June plum, adalah buah yang berasal dari daerah tropis dan subtropis. 

Buah ini tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

Merangkum dari WebMD, ini manfaat buah kedondong bagi kesehatan:

1. Kaya akan Vitamin C

Buah kedondong mengandung tinggi vitamin C, yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan mendukung produksi kolagen untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

2. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam buah kedondong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Serat dalam kedondong dapat membantu mengendalikan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi buah ini secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kedondong mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan retina dan mencegah masalah mata seperti rabun malam.

5. Membantu Pencernaan

Serat dalam kedondong dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Mengandung Antiinflamasi Alami

Senyawa antiinflamasi alami dalam buah kedondong dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi peradangan, seperti arthritis.

7. Menyediakan Energi

Kedondong mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi instan. Ini menjadikannya pilihan camilan yang baik untuk memberikan dorongan energi selama hari.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam buah kedondong dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ini penting untuk mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

9. Menyegarkan Tubuh

Kedondong memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini juga menjadikannya pilihan buah yang menyegarkan pada musim panas.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

10. Memiliki Sifat Antioksidan

Buah kedondong mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin dan beta-karoten, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas dan membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif.

Meskipun buah kedondong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi tetap penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan seimbang. Kombinasi buah kedondong dengan jenis makanan lainnya dapat memberikan manfaat optimal bagi kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×