kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

9 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui


Selasa, 19 September 2023 / 16:27 WIB
9 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah kedondong bisa meningkatkan kesehatan jantung, usus, mata, kulit, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat buah kedondong - Ada banyak sekali manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh. Manfaat kedondong terbesar salah satunya karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Kedondong adalah buah yang sangat populer di daerah tropis seperti Sri Lanka, India, Malaysia, Indonesia, Thailand, Jamaika, dan Barbados. 

Jika masih mentah, buah ini berwarna hijau, keras, dan renyah di bagian dalam dengan rasa asam. Saat matang, kedondong berubah menjadi kuning dan berair dengan sedikit rasa manis asam di dalamnya. 

Di Indonesia, kedondong banyak dijadikan lalapan maupun diolah menjadi rujak. Manfaat makan kedondong salah satunya meningkatkan kesehatan jantung, usus, mata, kulit, serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Lalu, apa saja manfaat kedondong untuk kesehatan? 

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan, Diantarnya Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kedondong yang utama

Manfaat Buah Kedondong

Mengutip laman WebMD, manfaat kedondong untuk kesehatan cukup beragam. Buah dan daunnya dikenal sebagai antioksidan alami. Buah ini juga mengandung agen antimikroba, yang melindungi Anda dari infeksi.

Nah, beberapa manfaat buah kedondong untuk kesehatan antara lain: 

1. Mencegah anemia

Manfaat buah kedondong dapat membantu mencegah anemia karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C dalam buah kedondong dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan anemia. 

Baca Juga: Simak 6 Ciri-Ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai, Mulai Dari Berat Badan Turun

2. Mengobati masalah pencernaan

Manfaat buah kedondong sangat erat kaitannya dengan kesehatan pencernaan. Kandungan air dan serat pada buah ini bisa mencegah dehidrasi dan membantu melancarkan buang air besar sehingga mengurangi gejala sembelit. 

Jika tinja Anda encer, serat dapat membantu mengeraskan tinja Anda. Serat memainkan peran utama dalam kesehatan jantung karena menurunkan tekanan darah dan kolesterol. 

Serat juga dapat mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes. Selain itu, serat makanan meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi gejala depresi.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Kolesterol

3. Mengobati peradangan

Manfaat kedondong juga digunakan dalam pengobatan peradangan. Kulit batang dan daun pohonnya dapat digunakan untuk mengobati disentri, radang usus, dan sakit tenggorokan akibat peradangan.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Karena buah kedondong kaya akan vitamin A, rebusan daunnya pun bisa digunakan untuk mengobati sakit mata. Vitamin A meningkatkan kesehatan retina dan sangat penting dalam pengobatan rabun senja.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah kedondong mengandung gula yang disimpan sebagai sukrosa. Kebanyakan atlet membutuhkan karbohidrat alami ini dalam makanan mereka untuk bertindak sebagai sumber bahan bakar cepat selama latihan ketahanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Menambah Nafsu Makan

6. Mencegah penuaan dini

Manfaat makan kedondong berikutnya dikaitkan dengan kandungan tinggi vitamin C. Buah ini kaya akan vitamin C, kedondong berperan besar dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini. 

Ini adalah antioksidan alami yang mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti radiasi matahari, polusi, dan merokok.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat kedondong ternyata juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya, kalsium dan fosfor dalam buah kedondong bisa menjaga kesehatan tulang dengan menyediakan jaringan keras untuk dukungan dan mobilitas. 

Kalsium memperkuat enamel gigi untuk mencegah kerusakan akibat mengunyah, menggemeretakkan, dan suhu ekstrem.

Baca Juga: Simak 6 Ciri-Ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai, Mulai Dari Berat Badan Turun

8. Mengontrol kadar kolesterol 

Manfaat buah kadondong untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol tinggi.

Pasalnya, buah kedondong mengandung vitamin C tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kadar kolesterol tetap terjaga.

9. Membantu mengobati batuk 

Salah satu manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan di antaranya mampu mengobati batuk. 

Buah kadondong bisa dikonsumsi secara lansung atau diparut dan diperas lalu diambil air ekstrak buah kedondong.

Nah, itulah sederet manfaat kedondong yang sangat baik bagi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×