kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.195
  • IDX 7.294   -26,58   -0,36%
  • KOMPAS100 1.142   -7,10   -0,62%
  • LQ45 920   -3,25   -0,35%
  • ISSI 218   -1,41   -0,64%
  • IDX30 460   -1,72   -0,37%
  • IDXHIDIV20 554   -0,98   -0,18%
  • IDX80 128   -0,53   -0,41%
  • IDXV30 130   0,41   0,32%
  • IDXQ30 155   -0,33   -0,21%

7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan, Diantarnya Mampu Menjaga Kesehatan Jantung


Minggu, 27 Agustus 2023 / 14:05 WIB
7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan, Diantarnya Mampu Menjaga Kesehatan Jantung
ILUSTRASI.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat minyak ikan untuk kesehatan yang menarik dan penting untuk diketahui. Pasalnya, mengkonsumsi minyak ikan mampu memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Banyaknya manfaat minyak ikan untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Salah satunya seperti tingginya kandungan asam lemak omega-3.

Minyak ikan sendiri merupakan ekstrak dari dari berbagai jenis ikan yang juga mengandung banyak nutrisi seperti ikan teri, tuna, sarden, herring dan jenis ikan lainnya.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, mengkonsumsi minyak ikan secara rutin juga dapat mencegah dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan jika mengkonsumsi minyak ikan? 

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat minyak ikan, di antaranya:

1. Mengatasi Peradangan

Salah satu manfaat mengkonsumsi minyak ikan dipercaya mampu mengatasi atau membantu menurunkan peradangan. Hal tersebut dikarenakan minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mampu memperbaiki kondisi peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari Health, minyak ikan telah terbukti dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, menurunkan trigliserida, mengurangi tekanan darah dan mencegah masalah di arteri. Hal tersebut membuat kesehatan jantung Anda akan terjadi jika terhindar dari berbagai masalah kesehatan di atas. 

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Banyaknya kandunga asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Khususnya orang dewasa, dengan asupan omega-3 lebih banyak terbukti dapat mempertahankan kepadatan tulang yang lebih besar, menjadikan minyak ikan sebagai mediator potensial dari keropos tulang terkait usia.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi yang Terkandung

4. Menjaga Kesehatan Mata

Tak berhenti sampai disitu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata, salah satunya degenerasi makula yang biasanya akan dialami seiring bertambahnya usia. 

5. Menurunkan Risiko Asma Anak

Dilansir dari Health, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilan mampu membantu mengurangi risiko asma pada anak.

Selain itu, terdapat juga penelitian yang ditemukan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama hamil dapat mengurangi risiko bayi terkena alergi.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

6. Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin juga mampu meningkatkan kinerja kognitif serta kesehatan otak Anda. Terdapat penelitian juga yang menghubungkan jika kadar omega-3 lebih tinggi mampu menurunkan risiko depresi dan kecemasan. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Terong Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

7. Meningkatkan Kekuatan Otot

Minyak ikan mengandung lemak sehat yang dapat membantu merangsang pertumbuhan otot, meningkatkan massa otot bahkan jika Anda tidak terlalu sering berolahraga, namun sebaiknya Anda harus tetap berolahraga. 

Selain itu, minyak ikan juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan merangsang otak untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. 

Meski mengkonsumsi minyak ikan memberikan banyak manfaat. Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tersebut secara berlebihan. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×