kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,31   1,67   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian, Cek!


Selasa, 21 Maret 2023 / 11:16 WIB
7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian, Cek!
ILUSTRASI. Manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian untuk diketahui. Pasalnya, manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh juga teruji secara klinis.

Sehingga buah kedondong termasuk salah satu buah yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah kedondong juga memiliki rasa asam manis yang menyegarkan saat dikonsumsi dan kerap dijadikan rujak.

Banyaknya manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh berasal dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam buah tersebut.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Telur Ayam Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

Kandungan nutrisi buah kedondong di antaranya seperti protein, serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Lantas apa saja manfaat buah kedondong untuk kesehatan?

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Mengobati Batuk

Salah satu manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh yang cukup menjadi sorotan di antaranya mampu mengobati batuk. Buah kadondong bisa dikonsumsi secara lansung atau diparut dan diperas lalu diambil air ekstrak buah kedondong.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat buah kadondong untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat mengontrol kadar kolesterol tinggi. Pasalnya, buah kedondong mengandung vitamin C tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kadar kolesterol tetap terjaga.

3. Meningkatkan Penglihatan

Buah kedondong dianggap sebagai salah satu sumber vitamin A. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah kedondong sangat baik untuk meningkatkan penglihatan.

Senyawa vitamin A yang dikenal sebagai retinol membantu mendistribusikan gambar yang diterima oleh retina mata. Rebusan daun kedondong juga kerap digunakan sebagai pencuci mata yang sakit.

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Sudah Tahu?

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah dikatakan di atas buah kedondong termasuk salah satu buah yang kaya vitamin C. Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah kedondong mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, buah kedondong mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu, Apa Saja?

5. Mencegah Penuaan Dini

Tak hanya itu, vitamin C yang ada dalam buah kedondong dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, atau polutan. 

Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah kedondong mampu mengurangi dan mencegah penuaan dini.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, buah kedondong mempunyai jumlah serat yang tinggi sehingga baik untuk usus dan sistem pencernaan lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui, Cek Yuk!

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan termasuk buah yang rendah lemak, karbohidrat dan serat tinggi.

Selain itu, buah kedondong termasuk buah yang rendah kalori. Sehingga sangat cocok dikonsumsi saat menjalankan program diet menurunkan berat badan. Itulah beberapa manfaat buah kedondong untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×