kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui, Cek Yuk!


Senin, 20 Maret 2023 / 12:19 WIB
6 Manfaat Waluh Hijau Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui, Cek Yuk!
ILUSTRASI. Manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh nampkanya tidak sepopuler jenis sayuran lainnya. Meski demikian, ada beberapa manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh yang menarik untuk diketahui. 

Manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Tak heran, mengkonsumsi waluh hijau mampu memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam waluh hijau di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ayo Kenali 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan yang Terbukti Klinis

Lantas apa saja manfaat waluh hijau untuk kesehatan?

Melansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Pasalnya, waluh hijau mengandung flavonoid yang mencegah pengendapan kolesterol di arteri, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Wajib Tahu!

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut dikarenakan mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah studi tinjauan oleh Tiwari pada tahun 2014 menemukan bahwa antioksidan alami dalam sayuran seperti waluh hijau dapat menjaga keseimbangan glukosa dalam tubuh dan mengurangi lonjakan gula setelah makan. memperlambat penyerapan karbohidrat, mengakibatkan penurunan kadar gula darah setelah makan.

Baca Juga: Yuk Simak 7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria yang Penting Diketahui

3. Baik Untuk Kehamilan

Selain itu, waluh hijau juga sangat bermanfaat baik untuk kehamilan. Pasalnya, wanita membutuhkan nutrisi seperti folat, zat besi, kalsium dan vitamin penting untuk menjaga kehamilan yang sehat. 

Waluh hijau juga adalah salah satu sumber folat yang sangat baik. Sebuah studi oleh Greenberg et al pada tahun 2011 menunjukkan bahwa folat sangat penting untuk bayi yang sedang berkembang. Jumlah folat yang cukup dapat mencegah kelahiran prematur dan meningkatkan perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

Baca Juga: Ayo Simak 5 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga tidak kalah hebat yakni mengurangi risiko kanker. Hal tersebut tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi waluh hijau mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Meski demikian, diperlukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan manfaat tersebut.

5. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Waluh hijau juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan. Sebuh studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi waluh hijau mampu menangkal radikal bebas dan melindungi sel serta mengurangi peradangan.

Baca Juga: 10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan, Yuk Simak!

6. Menjaga Kesehatan Hati 

Manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu baik untuk hati atau liver. Pasalnya, ekstrak waluh hijau mamlu melindungi hati dari penumpukan lemak berlebih pada jaringan sehingga terhindar dari berbagai penyakit hati. 

Demikian beberapa manfaat waluh hijau untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×