kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Selasa, 05 Desember 2023 / 12:26 WIB
Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?
ILUSTRASI. Paprika


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat paprika bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik perhatian diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi paprika juga perlu diperhatikan.

Paprika, buah yang berasal dari tanaman Capsicum annuum, bukan hanya memberikan warna dan rasa pada masakan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, paprika menjadi tambahan yang berharga untuk diet sehat.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

Merangkum dari Healthline, ini manfaat paprika bagi kesehatan:

1. Kandungan Vitamin C yang Tinggi

Paprika kaya akan vitamin C, antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melawan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen untuk kesehatan kulit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh guna melawan infeksi. Satu porsi paprika dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kebutuhan harian vitamin C Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Selain vitamin C, paprika juga mengandung senyawa antioksidan lain, seperti karotenoid dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan penyakit degeneratif.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Paprika, khususnya yang berwarna merah, mengandung lutein dan zeaxanthin, dua pigmen yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Baca Juga: Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

4. Pengelolaan Berat Badan

Paprika rendah kalori dan tinggi serat, membuatnya menjadi camilan sehat yang dapat mendukung pengelolaan berat badan. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil, dan meningkatkan pencernaan.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C, kalium, dan senyawa antioksidan dalam paprika dapat mendukung kesehatan jantung. Vitamin C membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, sementara kalium membantu mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Antiinflamasi Alami

Senyawa antiinflamasi dalam paprika dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, arthritis, dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

7. Mendukung Fungsi Otak

Kandungan vitamin B6 dalam paprika mendukung fungsi otak yang sehat. Vitamin B6 berperan dalam produksi neurotransmitter, yang memainkan peran penting dalam regulasi suasana hati dan kognisi.

Paprika bukan hanya memberikan rasa dan warna pada masakan, tetapi juga merupakan tambahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan vitamin C, antioksidan, serat, dan nutrisi lainnya, paprika dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Menambahkan paprika ke dalam pola makan seimbang Anda dapat menjadi langkah kecil namun bermakna menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×