kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui


Rabu, 06 Desember 2023 / 15:26 WIB
Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Talas.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Talas - Ada sejumlah manfaat talas bagi kesehatan tubuh yang penting diketehui dan sayang jika terlewatkan. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi talas juga perlu diperhatikan.

Talas, tanaman yang sering dianggap sebagai panganan kuno, sebenarnya menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Akar yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar makanan ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan manusia. 

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Healthline, ini manfaat talas bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Esensial

Talas merupakan sumber nutrisi yang kaya dan bervariasi. Akar talas mengandung karbohidrat kompleks, serat pangan, protein, vitamin (seperti vitamin C dan vitamin B kompleks), dan mineral (termasuk potassium dan magnesium). Kombinasi ini menjadikan talas sebagai pilihan makanan yang sangat bergizi.

Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Menyediakan Energi yang Stabil

Dengan kandungan karbohidrat kompleksnya, talas dapat memberikan energi yang stabil dan tahan lama. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat oleh tubuh, menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan penurunan energi tiba-tiba.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Talas mengandung potassium, mineral yang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Potassium membantu mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan elektrolit, dan melibatkan kontraksi otot, termasuk otot jantung. Dengan mengonsumsi talas secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C, yang ditemukan dalam talas, berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki efek antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan membantu tubuh melawan infeksi. Dengan mengonsumsi talas, Anda dapat memberikan dukungan tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Talas mengandung serat pangan, yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, karena dapat meningkatkan volume dan kelembutan tinja. Selain itu, serat juga berperan dalam menjaga kesehatan mikrobiota usus, meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, dan mengurangi risiko penyakit usus.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Menyediakan Zat Besi

Talas adalah sumber zat besi yang baik, mineral yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi talas, Anda dapat membantu menjaga kadar zat besi dalam tubuh.

Talas, meskipun terkadang dianggap sebagai makanan yang kurang populer, sebenarnya menyimpan sejuta manfaat kesehatan. Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan bervariasi, talas dapat menjadi tambahan yang berharga untuk pola makan sehat Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengintegrasikan talas ke dalam menu sehari-hari Anda dan nikmati manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×